Kata yang Menimbulkan Pemikiran

Ada kata yang menarik saat kuliah Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tadi siang dikampus. Selain gaya santai-serius Dosen yang pengajar, juga kata-kata beliau.

“Kata yang Menimbulkan Pemikiran”

Kebetulan ada Mahasiswa yang terlambat dan masuk melalui pintu belakang, kemudian ditanya “Kenapa lewat belakang?” Kontan sang Mahasiswa tersebut menjawab “nggak enak kalau lewat depan Pak, takut mengganggu jalannya perkuliahan..”

Kemudian sang Dosen Bertanya lagi “enak lewat depan atau belakang?” Semua Mahasiswa Farmasi yang hadir terdiam menyangka Dosen sedang marah. Baru kemudian sadar setelah pertanyaan diulang kembali -kali ini dengan nada yang “agak” ramah- , langsung gemuruh tawa meledak karena mengingat pertanyaan Dosen barusan (“enak lewat depan atau belakang?”)

Dari penggalan diatas, secara tidak langsung sang Dosen memberikan contoh “Kata yang Menimbulkan Pemikiran”. Iya nggak? Apa yang kalian pikirkan kalau mendengar “enak lewat depan atau belakang?” [silakan dipikir dulu 👿 😀 ]

Dalam KIE, Seorang Farmasis dituntut pandai berbicara (Pandai bicara bukan Pintar Ngomong lho) Lho? Apa bedanya? Bedanya terletak pada bobot dan gaya bahasa yang dikeluarkan, kalau Pandai Bicara akan berbicara dengan permainan kata namun logis dan berdasar sedangkan pintar ngomong lebih kearah konotasi negatif, hampir mendekati pembual atau omong kosong. Apa iya? (nggak tahu juga, Tanya aja ama dosennya 😀 ).

Emang dasar Mahasiswa, begitu Dosen berkata “Yak! Kuliah hari ini cukup sampai disini” langsung gemuruh suka cita bagai badai mengamuk didalam raungan eh ruangan maksudnya dan langsung mendadak “down” karena mendengar ada tugas yang harus dicari dan dikumpul minggu depan serta langsung dipresentasikan.

Tugas tersebut:

1. Mengapa Farmasis seharusnya melakukan gaya bertanya mengarahkan(menggunakan pertanyaan tertutup) kepada pasien?

2. Bagaimana Farmasis dapat mendorong pasien untuk berkomunikasi personal tentang dirinya?

3. Strategi apakah yang bias digunakan untuk mendorong pasien mengikuti saran yang diberikan?

Ada yang mau membantu menjawab? 😀