Kebanyakan orang Indonesia gunakan Facebook sebagai ajang narsis

Katakepo.blogspot.com – Sebuah studi terbaru yang baru-baru ini dilakukan di Amerika menghadirkan sebuah fakta yang menunjukkan bahwa sebanyak 30 persen pengguna Facebook di negara itu mengaksesnya hanya untuk mencari berita atau mengupdate pengetahuan tentang apa yang terjadi di sekelilingnya, seperti yang dikutip dari Softpedia (24/10).

Hal ini menunjukkan bahwa jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini dapat membawa orang untuk menambah pengetahuan dengan membuka link berita yang tersebar atau dibagikan di Facebook.

Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Budaya penggunaan Facebook di Indonesia justru berbeda. Kebanyakan dari mereka menggunakan Facebook untuk ajang narsis dengan mengunggah foto-foto dirinya sendiri, keluarga, teman, bahkan kekasih. Ada juga yang memasang foto dirinya dengan setumpuk uang dan terkesan pamer.

Beberapa di antaranya malah kecanduan Facebook hingga dalam sehari saja dia bisa update status hingga lebih dari lima kali.

Belum lagi maraknya budaya online shop yang semakin lama semakin menjamur di Indonesia. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu semua. Akan tetapi, apabila masyarakat Indonesia dapat lebih bijak memanfaatkan media online atau situs jejaring sosial untuk menambah wawasan mungkin akan lebih baik.

Meskipun juga sebagian dari pengguna Facebook ada yang membagikan sebuah informasi penting atau berita-berita update yang dapat menambah wawasan. Hanya saja itu sebagian kecil dari keseluruhan pengguna Facebook di Indonesia.