Kenapa masakan yang dipanggang lebih sehat?

Katakepo.blogspot.com – Banyak pihak yang mengatakan bahwa memasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang lebih sehat daripada digoreng. Namun sedikit pihak yang menyebutkan alasan mengapa cara memasak tersebut lebih sehat terutama memasak dengan cara dipanggang.

Dilansir dari fitsugar.com, memanggang adalah salah satu cara memasak yang sehat sebab dapat mempertahankan kadar vitamin dan mineral yang terdapat dalam makanan. Panas dari makanan yang dipanggang dapat melembabkan makanan sehingga makanan pun menjadi lebih lembut tanpa perlu adanya penambahan minyak atau mentega.

Memanggang makanan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu memanggang menggunakan arang dan menggunakan kompor listrik. Memanggang menggunakan arang dapat membuat makanan beraroma lebih sedap. Namun arang yang tercecer seringkali mempengaruhi kepraktisan. Sedangkan memanggang menggunakan kompor listrik akan menjaga kestabilan suhu makanan dari awal sampai akhir namun aroma makanan menjadi tidak terlalu kuat.

Memanggang makanan telah lama dikenal sebagai cara memasak yang cukup sehat. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai makanan tersebut terlalu hangus sehingga malah menciptakan zat karsinogenik penyebab kanker.