KEPALA LAPAN RESMIKAN AIT-SATELIT

Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana meresmikan Ruang Assembly, Integration, and Test (AIT) atau perakitan, integrasi, dan uji di Pusat Teknologi Satelit, Rancabungur, Bogor, Kamis (10/10).
 
Ruang AIT atau disebut juga dengan clean room berfungsi untuk perakitan, integrasi, dan uji satelit mikro Lapan sebelum diluncurkan ke orbit. Ruang AIT Lapan dilengkapi dengan air handling unit dan memiliki sarana uji kamera optik untuk objek jarak jauh.
 
Ruangan ini disebut clean room karena harus terjaga kebersihannya. Hal ini disebabkan, ruang AIT memiliki syarat kebersihan 34000 partikel/ft2 dengan temperatur ruangan 20.
Saat ini di ruang AIT Satelit Lapan digunakan untuk uji fungsi satelit Lapan-A2. 
Satelit tersebut telah selesai dirakit dan diintegrasikan serta siap diluncurkan tahun depan.
Saat meresmikan ruang AIT, Kepala Lapan Bambang S. Tejasukmana mengatakan bahwa kini Lapan telah memiliki kemampuan merakit, mengengintegrasikan dan menguji satelit sendiri. 
Namun menurut Bambang, kemampuan tersebut baru untuk satelit kelas mikro dengan bobot sampai dengan 100 kilogram. 
“Untuk itu, di masa mendatang, Lapan segera memikirkan pembangunan clean room untuk satelit-satelit yang lebih besar misalnya dengan bobot satu ton,” ujarnya.
Dalam peresmian tersebut, Kepala Lapan serta para pejabat eselon I dan II melihat fasilitas dan berbagai kegiatan yang ada di clean room tersebut.
Sumber : Lapan