Kerja Sama Airbus Helicopters – RI Dinilai Menguntungkan

Kemitraan Airbus Helicopters dengan Indonesia menjadi perhatian utama di Indo Defence 2014. Kerja sama jangka panjang yang telah membuahkan banyak manfaat bagi pihak militer, operator parapublik, dan industri Indonesia ini akan menjadi sorotan pada pameran yang mengambil tempat di JIEXPO Kemayoran tersebut.

Managing Director Airbus Helicopters Indonesia, Ludovic Boistot, menjelaskan bahwa selama pameran Indo Defence yang berlangsung pada 5-8 November 2-14, mereka akan menunjukkan hasil dari kerja sama yang saling menguntungkan dengan PT Dirgantara Indonesia. 

Menurutnya, Kerjas ama ini telah berkembang hingga diproduksinya komponen dan aerostructure, perakitan berlisensi, pemasangan dan penyempurnaan perlengkapan penunjang misi di dalam negeri. 

Airbus Helicopters juga akan menyoroti pertumbuhan armada helikopternya di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan lembaga SAR nasional Basarnas, yang mencakup produk-produk ringan, sedang, dan berat.

“Kemitraan kami dengan Indonesia telah memperkuat keamanan negara, membangun hubungan dengan industri, dan berkontribusi pada rantai pasok global Airbus Helicopters, berkat keahlian lokal dalam negeri Indonesia,” ujar  Boistot dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada VIVAnews.

Indonesia, ia melanjutkan, tanpa diragukan lagi, telah menjadi salah satu pasar paling penting dalam mendorong industri helikopter.

Armada militer Indonesia, yang saat ini mencakup helikopter Airbus EC120 Colibri, AS330 Puma, AS332 Super Puma, dan BO105, akan diperkuat dengan dimulainya pengiriman 12 unit helikopter AS550 Fennec bermesin tunggal yang ringan dan AS555 Fennec rotorcraft bermesin ganda untuk misi serang kepada TNI AD pada tahun 2014.

Selain itu, enam unit helikopter EC725s yang akan segera dikirim untuk misi SAR TNI Angkatan Udara. Di sektor pelayanan publik, Badan SAR Nasional, Basarnas, telah mengoperasikan dua unit AS365 N3 Dauphin selama satu tahun terakhir.

PT Dirgantara Indonesia telah menangani penjualan rotorcraft Airbus Helicopters di dalam negeri dan menyelesaikan pemasangan serta penyesuaian peralatan penunjang misi di pabriknya di Bandung.

“PT Dirgantara Indonesia telah menjadi mitra yang luar biasa bagi kami selama 40 tahun terakhir. Kemampuan mereka sangat terbukti dari semua proyek yang telah kami kerjakan bersama, dan kami siap meraih lebih banyak kesuksesan di tahun-tahun mendatang,”  kata Boistot. 

Sumber : Viva