Ketahui 5 perbedaan antara teh dan kopi

Katakepo.blogspot.com – Selama ini teh dan kopi seolah menjadi rival minuman yang merebutkan titel tersehat atau terfavorit. Kedua minuman ini memang sangat populer dan memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Sementara ada orang yang tak bisa melewati pagi tanpa kopi, ada juga orang yang tak bisa bertahan sehari tanpa menyeduh teh.

Sementara kedua minuman ini sama-sama bisa membuat bertenaga, namun keduanya memiliki perbedaan antara satu sama lain. Berikut adalah perbedaan antara teh dan kopi, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Tingkat kafein

Baik kopi maupun teh memiliki kadar kafein di dalamnya. Meski begitu, kopi memiliki kadar kafein yang lebih tinggi. Secangkir teh mengandung kafein sebanyak 55 miligram sementara secangkir kopi mengandung kafein hingga 125 – 128 miligram. Kafein yang terdapat dalam teh bisa membantu meningkatkan konsentrasi, sementara kafein dalam kopi jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan rasa cemas atau tak nyaman.

2. Mencegah kanker

Penelitian mengungkap bahwa teh mengandung quercetin yang membantu menangkal kanker dan penyakit kardiovaskular. Sementara itu, kopi tak memiliki kualitas ini. Penelitian lain juga menemukan bahwa tingkat kanker di Asia lebih rendah dari Amerika karena mereka lebih rajin mengonsumsi teh.

3. Meredakan rasa sakit

Teh mengandung komposisi yang bisa menurunkan rasa sakit akibat peradangan dan arthritis. Mengonsumsi teh juga menurunkan kemungkinan penggumpalan darah. Di sisi lain, kopi memiliki kemampuan untuk menurunkan gejala asma serta mencegah penyakit Parkinson.

4. Efek antioksidan

Baik teh dan kopi memiliki zat antioksidan yang bisa membantu kebugaran tubuh. Teh memiliki zat antioksidan yang melindungi tubuh dari stres dan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Sementara kopi mengandung antioksidan yang bisa menjaga tingkat gula darah dan mencegah batu ginjal.

5. Tempat asal

Yang terakhir ini merupakan fakta unik mengenai kopi dan teh. MEski sama-sama populer, keduanya ternyata berasal dari tempat yang berbeda. Kopi kebanyakan diproduksi di wilayah Afrika, sementara teh di wilayah China dan India.

Kedua minuman ini memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing. Keduanya pun memiliki rasa yang jauh berbeda. Mana yang paling baik? Tentunya kembali pada tiap orang yang meminumnya.