Ketika pilot dan pramugari memadu cinta di udara

Katakepo.blogspot.com – Cinta bisa berawal dan berakhir di mana saja, bahkan dia bisa tumbuh di atas burung besi yang terbang ribuan kaki di atas permukaan laut. Profesi pilot dan pramugari yang bekerja di atas pesawat sangat rentan dengan kisah asmara singkat.

Kisah percintaan itu bisa muncul karena kondisi yang kerap jauh dari perhatian teman, keluarga maupun pacar sendiri. Seringnya interaksi antara pilot dan pramugari menumbuhkan benih benih cinta yang berlanjut ke kisah asmara.

Salah satu pramugari maskapai swasta, Heza Raspati membenarkan adanya kedekatan antara pramugari dan sang pilot. Namun kedekatan ini murni karena alasan profesionalisme kerja walaupun nanti ada yang menjurus ke arah yang lebih serius.

“Awalnya kita memang saling ngobrol, bertukar informasi. Nah ada juga yang lanjut ke hubungan percintaan. Toh kami kan juga manusia. Kadang-kadang ada saja kebablasannya,” ujar Heza saat dihubungi merdeka.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Heza, kebanyakan pramugari dan pilot menjalin cinta berawal dari keisengan semata. Keadaan atau cinta lokasi sangat sulit dihindari. Bahkan, menurut sepengetahuan Heza, hingga saat ini tidak ada larangan menjalin hubungan spesial antara pilot dan pramugari.

Heza sendiri mengaku belum pernah menjalin hubungan asmara dengan pilotnya. Menurutnya ini bisa saja dihindari tergantung dari kepribadian masing-masing.

“Tidak ada larangan kok, bahkan semua baik baik saja. Malah sampai sekarang sudah banyak yang nikah dari yang awalnya pacaran,” tegasnya.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengakui memang banyak kru pesawat yang menjalin cinta bahkan hingga ke pelaminan. Dia bercerita mempunyai teman seorang kapten pesawat yang akhirnya menikah dengan pramugari.

Dalam dunia penerbangan, katanya, memang tidak ada aturan yang mengatur hubungan asmara dengan pilot dan pramugari.

“Enggak ada aturan memang. Begini saja, asmara itu antar manusia itu manusiawi. Enggak usah pilot dan pramugari, teman sekantor juga bisa begitu. Enggak ada aturannya,” kata Alvin ketika dihubungi merdeka.com.

Menurut Alvin, jalinan asmara antara pilot dan pramugari kerap terjadi karena ketika mereka masih lajang dan muda.

“Semacam cinta lokasi. Mereka kan banyak juga pilot muda masih lajang dalam pekerjaan sering ketemu,” jelasnya.

Jalinan asmara antara pilot dan pramugari ini dianggap Alvin sebagai sifat yang manusiawi dan tidak akan mengganggu pekerjaan. Namun yang penting disoroti adalah ketika pilot dan pramugari menjalin cinta maka intensitas bertemu akan jarang.

“Sebetulnya saya kasihan saja ketika dua-duanya tugasnya terbang pulangnya engga mesti sama. Giliran pilotnya engga terbang, istrinya terbang. Sulit ketemu memang. Apalagi kalau sudah ada anak dan sebagainya,” tutupnya.