Keunggulan SDM Pasukan dan Keberhasilan Operasi, Harumkan Nama Korps Marinir TNI AL

Keunggulan SDM pasukan dalam melaksanakan setiap operasi merupakan indikator bagi tercapainya Angkatan Laut berkelas dunia. Dua keunggulan itu telah dibuktikan oleh Korps Marinir TNI AL selama ini, dalam menjalankan setiap misi dan tugasnya.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington saat memimpin apel gabungan Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Kamis (22/01/2015).

Kegiatan yang dihadiri Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Asops Dankormar Kolonel Marinir Hasanudin, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Budi Purnama, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Ludi Prastyono, Para Asisten Pasmar-1 dan Komandan Kolak dijajaran Pasmar-1 tersebut diikuti ribuan prajurit Marwiltim dan segenap PNS di jajaran Marwiltim.

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di jajaran Korps Marinir itu menyampaikan ungkapan rasa senangnya bersama prajurit Marwiltim, karena Komandan Korps Marinir ikut dipuji berkat penampilan prajurit Marwiltim dalam berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini.

“Keberhasilan tugas hanya dapat dilakukan oleh prajurit-prajurit yang tulus, dan itu ada pada kalian,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa banyak rangkaian kegiatan di tahun 2014 yang mendapat apresiasi dan pujian yang baik dari pimpinan TNI maupun TNI AL yang digelar di Surabaya, diantaranya gelar Alutsista, yang diinspeksi langsung oleh Presiden RI keenam DR. Susilo Bambang Yudhoyono, pembaretan Gubernur se-Indonesia, peringatan HUT ke 69 TNI dan peringatan HUT ke 69 Korps Marinir di Karangpilang.

Disamping itu, Komandan Korps Marinir juga menyampaikan bahwa nama baik korps hanya bisa dijaga oleh setiap prajurit yang mencintai Korps Marinir dan keberhasilan suatu satuan ditentukan oleh loyalitas prajuritnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Komandan Korps Marinir menajak kepada seluruh prajurit Marwiltim untuk bersama-sama menyatukan komitmen, menyatukan tekad untuk menjaga nama baik korps dengan tidak berbuat cela.

Kunjungan Kadet AAL

Sementara itu Pasmar-1 turut mendapat kehormatan saat menerima wajib kunjungan dari para Kadet (Taruna) Akademi Angkatan Laut (AAL). Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang didampingi Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. dr. Maria Rini Kasirun Situmorang menerima wajib kunjungan itu di kediaman Danpasmar-1, Jl. Embong Kenongo No.69 Surabaya, Rabu malam (21/01/2015).

Wajib kunjung Kadet AAL yang dipimpin oleh Komandan Batalyon 3 Resimen AAL Mayor Laut (T) Cornelius Hasiolan Sinaga ini diikuti oleh 15 Taruna yang terdiri dari 1 Taruna tingkat IV, 12 Taruna dan 2 Taruni tingkat II.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Taruna yang telah hadir di kediaman Danpasmar-1 dan merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi kami karena mengingatkan kami pada saat Taruna dahulu yang juga pernah melaksanakan kegiatan wajib kunjung seperti kalian.

“Saya selaku Danpasmar-1 didampingi para Dankolak/Satlak serta para Asisten Pasmar-1 disini untuk membina para Taruna di luar jam pelajaran yang di dapat di Lembaga Pendidikan karena wajib kunjung bagi kadet AAL, selain merupakan sarana silaturahmi juga sebagai pembekalan untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan,” tegasnya.

Usai sambutan Danpasmar-1, acara dilanjutkan dengan saling memperkenalkan diri masing-masing mulai dari para Dankolak/Satlak dan Asisten Pasmar-1 hingga seluruh Kadet AAL yang hadir serta diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.

Acara wajib kunjung Kadet AAL ini dihadiri oleh Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, para Asisten Pasmar-1, para Dankolak/Satkak Pasmar-1 dan para perwira di jajaran Pasmar-1 beserta keluarga.

Sumber : Jurnalmaritim