Koarmatim-AL India gelar “Passex” di Laut Jawa

Kapal perang Koarmatim dan Angkatan Laut (AL) India menggelar Latihan “Passing Exercise” (Passex) di Laut Jawa.

“Latihan bersama Koarmatim dengan AL India itu berlangsung pada Kamis (5/3),” kata Kadispen Armatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaiman di Surabaya, Jumat.

Kapal perang Koarmatim yang terlibat dalam latihan Passex adalah KRI Sultan Hasanuddin-366 (SHN-366), sedangkan kapal perang India yang terlibat ada tiga kapal yakni INS TIR, INS KESARI dan ICGS VARUNA.

Ketiga kapal perang India itu telah melaksanakan Port Visit selama lima hari di Surabaya sejak tanggal 1 Maret 2015 dalam rangkaian pelayaran latihan bagi 400 Perwira Remaja (midshipment) Angkatan Laut India.

Setelah Indonesia, rute berikutnya dalam pelayaran muhibah selama enam bulan itu menuju ke Malaysia.

Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 Letkol Laut (P) Endra Hartono menjelaskan “passing exercise” antara KRI Sultan Hasanuddin-366 dengan INS TIR, INS KESARI dan ICGS VARUNA meliputi serial “Tactical Manuever, Flag Hoist, Photo Ex dan Stem Past”.

Kegiatan ini juga didukung Heli BO-105 NV-411 dari Skuadron 400 Puspenerbal Juanda yang “on board” di KRI Sultan Hasanuddin-366.

Pada akhir pelaksanaan, Komandan INS TIR Captain SR Ayyar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya latihan yang dapat dilangsungkan dengan disiplin dan profesional oleh prajurit KRI Sultan Hasanuddin-366.

Sebelumnya (3/3), Taruna AAL menghadiri Cocktail Party di Kapal Perang Ins Tir A-86, Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya.

Pesta atau makan malam yang merupakan perjamuan dari AL India ini sekaligus juga bagian dari hubungan kerja sama TNI AL dengan AL India yang telah berlangsung secara baik.

Acara itu dihadiri Duta Besar India untuk Indonesia H.E.Mr. Gurit Singh, Wagub AAL Laksma TNI Deddy Muhibah Pribadi, pejabat kotama TNI AL wilayah Surabaya dan pejabat Pemerintah Kota Surabaya.

Dalam acara yang berlangsung mulai pukul 19.00 WIB itu, para taruna AAL pun tampak menikmati suasana Cocktail Party tersebut sambil menikmati minuman dan makanan yang disajikan Crew Ins Tri A-86.

Selama di Surabaya, taruna AL India melaksanakan praktek latihan berlayar bersama prajurit TNI AL dengan KRI Dewaruci dan KRI lainnya. 

Sumber : Antara