KOARMATIM HARUS MENCEGAH NEGARA LAIN MENGURANGI KEDAULATAN NKRI

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim menegaskan, bahwa Komando Armada RI Kawasan Timur menyelenggarakan penegakan kedaulatan dan keamanan negara di perairan yurisdiksi nasional wilayah timur. 
Penegakan kedaulatan di laut mengandung makna, bahwa Koarmatim harus mampu mencegah dan meniadakan aksi-aksi dari pihak negara lain dalam mengurangi atau menghilangkan kedaulatan negara dan hak berdaulat di perairan Indonesia sesuai Hukum Laut Internasional.

Penegasan Pangarmatim Laksda TNI S.M. Darojatim tersebut dikemukakan dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Staf Koarmatim Laksma TNI Aan Kurnia, S.Sos di hadapan prajurit dan PNS Koarmatim dalam upacara bendera tujuh belasan di dermaga Madura, Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa (17/6).

Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut, Pangarmatim menekankan agar personel Koarmatim mampu memelihara dan terus meningkatkan kemampuan tempur serta menampilkan kesiapan teknis Alutsita yang dimiliki. 
“Kita harus optimis, walaupun dengan keterbatasan anggaran yang ada, upaya untuk menyiapkan kesiapan teknis Alutsista akan dapat kita wujudkan melalui perencanaan yang baik dan penyusunan skala prioritas”, kata Pangarmatim dalam amanatnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangarmatim juga menyampaikan keberhasilan Koarmatim dalam mendukung dan melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan TNI yang baru saja terlaksana dengan sukses. 
Keberhasilan tersebut diantaranya penembakan senjata strategis dari unsur-unsur Koarmatim yaitu penembakan Rudal Exocet MM-40, Rudal-C-802, RBU, Bom  Laut dan Meriam-76 dapat berhasil dengan sukses.

Pangarmatim juga menyampaikan, kedepan masih banyak kegiatan yang harus dipersiapkan agar berjalan dengan baik, diantaranya kegiatan Sail Raja Ampat dan pelaksanaan HUT TNI tahun 2014 yang dipusatkan di Koarmatim. 
Selain itu juga, Pangharmatim mengingatkan kepada seluruh prajurit Koarmatim untuk menjaga netralitas TNI dalam Pemilu Presiden/Wakil Presiden yang akan digelar tanggal 9 Juli mendatang.

Hadir dalam upacara bendera pagi itu antara lain Para Asisten Pangarmatim, Komandan Satuan Kapal serta Kepala Satuan Kerja Mako Koarmatim.

(Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir)

Sumber : Koarmatim