Kodam XVI Pattimura kekurangan Alutsista

Kodam XVI Pattimura masih kekurangan Alutsista, hal tersebut dijelaskan oleh Pangdam XVI Patimura, Meris Wiryadi, usai upacara peringatan hari Juang Kartika yang berlangsung senin pagi di lapangan Merdeka Ambon.

Menurut Wiryadi, kelengkapan alutsista yang dinilai representatif sesuai dengan wilayah Maluku maupun Maluku Utara diukur apabila telah dibentuk Batalyon Arhanud dan Batalyon Kavaleri.
Sementara yang ada saat ini di Kodam XVI Patimura yaitu tingkat Detasemen belum ada Alutsista yang maksimal. Diharapkan adanya perhatian serius dari pemerintah pusat untuk mengalokasikan tambahan anggaran bagi pengadaan Alutsista guna memenuhi kebutuhan Kodam XVI Patimura dengan luas wilayah Maluku maupun Maluku Utara yang pada umumnya terdiri dari kepulauan.
Wiryadi menambahkan, secara geografis wilayah Maluku dan Maluku Utara yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga khususnya dari segi pertahanan dan keamanan negara, TNI AD dibantu dengan kapal Selam dan kapal-kapal perang lainnya dari TNI AL serta pesawat udara dari TNI AU untuk sama-sama mengamankan wilayah NKRI dari pihak luar.
Kerjasama dan koordonasi kerja terkomando dengan baik dari tiga angkatan ini ditambah dengan pihak Kepolisian.

Khusus pameran Alutsista pada perayaan HUT TNI AD atau hari Juang Kartika sebagai bentuk pertunjukan bagi rakyat indonesia khususnya di Maluku tentang peralatan pertahanan negara milik rakyat yang di komandoi TNI, perlatan ini siap siaga setiap saat untuk mengamankan negara dari berbagai gangguan dan ancaman keamanan.

Sumber : Radio