Kopi Luwak Asli dan Palsu Bisa Anda Bedakan dengan Cara Mudah Berikut

BLoGkiTa – Bagi Anda penggemar kopi terutama dari Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi yang mempunyai harga jutaan untuk tiap cangkirnya. Kopi mahal tersebut berasal dari Indonesia dengan beberapa daerah penghasil yang ada di negara ini dan sering disebut sebagai kopi-luwak. Nama kopi tersebut memang tidak istimewa karena dihasilkan dari kopi yang dimakan oleh binatang luwak dan setelah melewati pencernaannya akan dikeluarkan kembali dan menghasilkan kopi bibit unggul.

Kopi ini sendiri mempunyai harga yang sangat mahal karena banyak alasan seperti dari rasa yang ditawarkan yang berbeda dengan kopi lainnya dan juga dari kelangkaan kopi ini karena tidak bisa diproduksi secara masal dan mempunyai proses yang panjang. Oleh karena itulah tidak heran apabila harga kopi bisa jutaan rupiah untuk bisa menyeduhnya dan meminumnya dari gelas kecil kopi.

kopi luwak blogkita

Tetapi sekarang ini terdapat banyak jenis kopi yang diklaim sebagai kopi dari luwak dengan harga yang beraneka ragam. Bagi Anda yang ingin mengetahui kopi jenis luwak yang asli atau tidak langkah pertama tentu bisa untuk mengetahui dari harga jualnya di pasaran. Kopi yang asli akan dijual dengan harga yang mahal karena mempunyai kualitas yang tinggi. Sedangkan untuk kopi yang palsu atau yang hanya melabeli menjadi kopi jenis luwak akan mempunyai harga yang lebih rendah dan jauh dari harga sebenarnya. Oleh karena itulah harga kopi bisa menjadi cara untuk membedakan mana kopi yang asli dan yang palsu. Selain dari harganya, ada beberapa cara mudah lainnya untuk membedakan kopi yang asli dan palsu yaitu beberapa cara mudah seperti berikut.

  1. Dari aroma kopinya
    Langkah pertama untuk membedakan kopi luwak yang asli dan palsu adalah dengan memperhatikan aromanya. Kopi jenis luwak sangat terkenal mempunyai aroma kopi yang harum bahkan setelah diseduh. Oleh karena itulah bagi penikmat kopi pasti sudah bisa untuk mengetahui mana jenis kopi yang palsu dan asli dari aroma ketika menyeduhnya dan akan meminumnya.
  2. Dari kekentalannya
    Cara lainnya adalah dengan kekentalan kopi ini yang tidak memerlukan bahan campuran lainnya. Kopi jenis ini bisa tetap nikmat dikonsumsi tanpa campuran bahan lainnya seperti gula, susu, creamer, dan juga campuran citarasa dan aroma lainnya. Kopi ini dapat untuk dinikmati dalam segala kondisi juga yaitu ketika diseduh masih panas, sudah dingin, atau juga ketika menjadi minuman dingin.
  3. Dari pengaruhnya terhadap lambung
    Kopi jenis luwak ini sudah dikenal aman bagi penderita lambung sehingga banyak orang yang mempunyai penyakit lambung tetap aman untuk meminumnya. Kopi dengan kualitas terbaik ini tidak membuat asam lambung mudah naik bagi penderitanya dan juga tidak menyebabkan rasa sensitif pada lambung karena rasa kopi yang biasanya masam. Oleh karena itulah bagi Anda penderita lambung tetapi pecinta kopi bisa untuk minum kopi jenis ini dengan membelinya di toko online terpercaya dengan harga yang biasanya memang lebih mahal.
  4. Dari rasa enaknya yang bertahan lama
    Dan cara pembeda kopi luwak yang asli dengan yang hanya dilabeli kopi jenis luwak adalah tahap setelah meminumnya. Selain terasa lembut ketika diminum ketika telah selesai meminumnya rasa enak dari kopi tersebut akan bertahan lebih lama. Sedangkan untuk kopi biasanya akan meninggalkan rasa pahit atau masam ketika sudah meminumnya. Hal ini menjadi pembeda terakhir yang dapat untuk membedakan kopi jenis luwak yang harganya sangat mahal di pasaran.