KRI Kujang 642 Singgahi Babel, Kapal Dilengkapi Rudal Pembantai

Kapal perang bagi prajurit TNI Angkatan Laut (TNI-AL) merupakan sarana pendukung sekaligus berfungsi sebagai mesin pemukul lawan jika dipergunakan di medan pertempuran khususnya di wilayah perairan atau laut.

Sama halnya dengan salah satu kapal perang milik TNI-AL baru-baru ini tiba atau bersandar di dermaga Pos Lanal Babel, Pangkalbalam kota Pangkalpinang yakni KRI KUJANG 642. Kapal warna biru laut yang memiliki ukuran panjang mencapai sekitar 44 meter tersebut terlihat gagah ketika bersandar di dermaga tersebut.

Bahkan menurut keterangan yang disampaikan langsung oleh Komandan KRI KUJANG 642, Mayor Laut (P) Rama Remiar Putra YANG menyebutkan, kapal perang di bawah komandonya tersebut dilengkapi beragam jenis persenjataan termasuk diantaranya juga dilengkapi dengan senjata ampuh jenis rudal.

Selain dilengkapi persenjataan lainnya kapal perang ini (KRI KUJANG 642–red) pun dilengkapi pula dua rudal maut yang dipergunakan jika dalam pertempuran di laut,” ujar Mayor Laut (P) Rama Remiar Putra saat ditemui di sela-sela acara buka bersama di D’Barleys Resto Pangkalpinang, yang dihadiri Komandan Lanal Babel Letkol Laut (P) Iwa Kartiwa didampingi Pasops Lanal Babel Mayor Laut (P) MB Panjaitan, Sabtu (3/8/2013) sore.

Tak cuma itu saja, kapal perang yang merupakan buatan negara Indonesia keluaran tahun 2012 ini memiliki kecepatan hingga mencapai 28 knot. Oleh karenanya, kata Rama, kapal perang jenis tersebut sesuai dengan kriteria yakni kapal cepat rudal atau KCR-40 atau sebanding dengan kecepatan mobil yakni diperkirakan kecepatan 146 km.

“Tetapi dalam sehari-harinya atau saat kita sedang melakukan patroli kapal perang tersebut hanya dijalankan maksimal rata-rata 18 knot,” jelasnya.

Sumber : Tribun