KRI Teluk Bintuni Akan Launching 5 September 2014

Kapal pengangkut tank KRI Teluk Bintuni dipastikan meluncur kelautan pada 5 September 2014. 

Informasi awal tentang kepastian jadwal launching kapal perang perdana buatan swasta tersebut Saibumi.com peroleh dari General Manager Production PT DRU Lampung Edy Wiyono. 

Informasi tersebut diperkuat lagi oleh Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Kol Laut (P) Suharto saat ditemui Saibumi.com di Pangkalan Angkatan Laut Panjang, Bandar Lampung.

“Iya benar, sudah dijadwalkan tanggal 5 September. Kalau dari kesiapan kapal sudah oke, jadi semoga restu Allah menyertai dan tidak tertunda lagi launching kapalnya,” jelas Suharto.

Suharto menuturkan ada perubahan susunan tamu penting yang akan menghadiri langsung launching kapal jenis Landing Shift Tank (LST) tersebut. “Ada beberapa perubahan dibagian pejabat dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan serta angkatan lautnya. 

Nanti Menteri Pertahanan dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang akan menerima kapal ini saat tiba di Surabaya. Diperkirakan sekitar akhir September nanti karena sesuai rencana kapal ini akan diikutkan dalam parade sistem persenjataan pada HUT TNI nanti dihadapan Presiden SBY,” jelasnya.

Suharto menyebutkan daftar tamu penting yang dipastikan akan menghadiri launching kapal khusus pengangkut tank jenis Leopard tersebut. “Kalau dari Kemenhankam yang pasti datang adalah Kabanharkam (Kepala Badan Pertahanan dan Keamanan), Kapusada (Kepala Pusat Pengadaan), Kapuslaik (Kepala Pusat Kelaikan), dan Kabidmatralaut (Kepala Bidang Matra Laut),” bebernya.

Sedangkan dari Angkatan Laut, yang pasti hadir adalah Aslog KSAL (Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut), Kadisadal (Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut), Kadismatal (Kepala Dinas Material Angkatan Laut), Kadislaikmatal (Kepala Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut), dan Kadissenlekal (Kepala Dinas Senjata dan Elektronika Angkatan Laut).

“Untuk dari Provinsi Lampung sendiri, Gubernur Lampung akan datang didampingi oleh unsur Forkopimda Lampung seperti Kapolda, Kajati, Danrem, Danbrigif, dan Danlanud. Walikota dan pejabat penting lainnya juga turut hadir,” imbuhnya.

Sebelumnya PT Daya Radar Utama (DRU) Shipyard & Engineering adalah perusahaan swasta pertama di Indonesia yang memperoleh kepercayaan pertama dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia untuk membuat kapal. 

Untuk pengerjaan kapal menjadi pembuka gerbang pihak swasta untuk memenuhi kebutuhan pertahanan 
Indonesia. 

Pengerjaannya dilakukan di Galangan kapal PT DRU – Noahtu (sering disebut PT DRU Lampung) di Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara KM 12 Srengsem Panjang Bandar Lampung.

Sumber : Saibumi