KRI TELUK BONE-511 SUKSES DUKUNG SERPAS SATGASPAM RI – MALAYSIA

Sebagai salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Bone (TBO)-511  terus melaksanakan  operasi Angkutan Laut Militer (Anglamil) dalam rangka mendukung pergeseran pasukan (Serpas) Batalyon Infantri 501 Lintas Udara (Linud) Kostrad Madiun, Jawa Timur, dalam rangka Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan perbatasan Republik Indonesia dengan Malaysia wilayah Kalimantan tahun 2014.

KRI Teluk Bone (TBO)-511 dikomandani oleh Mayor Laut (P) M. Nizarudin merupakan  kapal jenis Landing Ship Tank (LST) buatan Amerika pada tahun 1940-an  yang memiliki spesifikasi berat 2160 ton dan mampu mengangkut 17 tank dengan beberapa jenis  kendaraan, serta
dilengkapi dengan fasilitas yang mampu mengangkut sampai  800 pasukan, memiliki kemampuan kecepatan berlayar sampai dengan 7 knot atau 7 mil per jam dan saat ini merupakan salah satu unsur Kolinlamil yang berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya dibawah kepemimpinan Kolonel Laut (P) Bambang Irawan.

Menurut  Komandan KRI Teluk Bone (TBO)-511  Mayor Laut (P) M. Nizarudin mengatakan bahwa KRI TBO-511, mendukung pergeseran pasukan (serpas) Satgas Yonif  501 Lintas Udara (Linud) Kostrad dengan rincian sebanyak 350 personil dan 6 unit kendaraan dengan menempuh rute mulai dari pangkalan Surabaya-Pontianak-Lampung dan kembali lagi ke pangkalan Surabaya.

Selama pelayaran menuju daerah sasaran yang berlangsung dengan aman dan lancar, KRI TBO-511 juga melaksanakan operasi penegakan hukum di laut  dengan melakukan pendeteksian terhadap kemungkinan berbagai tindak pidana yang terjadi di sepanjang rute 
pelayaran menuju daerah operasi, sehingga  diharapkan dari kegiatan tersebut  dapat memberikan dampak yang berarti dalam pengendalian laut di kawasan perairan Indonesia khususnya kawasan perbatasan RI-Malaysia. 

(Dispen Kolinlamil)
 Sumber : TNIAL