KSAD: Yonif 516/Carakha Yudha akan menjadi Yon Mekanis

Dalam pelaksanaan upacara bendera 17-an dan upacara hari jadi ke-66 Kodam V/Brawijaya juga dilaksanakan upacara alih Komando Pengendalian (kodal) Yonif 511/Dibyantara Yudha dan Yonif 516/Carakha Yudha, dipimpin Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, S.Sos pada (17/12) di Lapangan Kodam V/Brawijaya. 
 
Yonif 511/DY yang semula berada dalam kendali Brigif 16/Wira Yudha akan beralih kodal dibawah Korem 081/Dhirot Saha Jaya. Selanjutnya untuk Yonif 516/CY yang semula di bawah Korem 084/Bhaskara Jaya akan beralih kodal di bawah Brigif 16/Wira Yudha.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa alih kodal ini pada hakekatnya merupakan salah satu upaya untuk menjaga keseimbangan dan kesiapan operasional serta pembinaan satuan. Dengan adanya alih kodal ini diharapkan akan lebih memudahkan pengendalian, pengawasan dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya di lapangan.

Sejalan dengan hal itu, Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah membuat kebijakan bahwa pada Tahun 2015, Yonif 516/ Carakha Yudha akan menjadi Yon Mekanis, dengan dilengkapi sejumlah ranpur seperti ranpur Anoa, segera laksanakan perencanaan dan 

persiapan untuk perubahan menjadi Yon mekanis ini, utamanya dari aspek personil dan peralatan, sehingga pada saatnya dapat melaksanakan salah satu tugas dari Yon Mekanis yaitu untuk mendukung pertempuran yang membutuhkan kecepatan, presisi, dan manuver personil. 

Sumber : Surabaya