KSAL: Kapal Selam Rusia Cocok di Perairan Indonesia

“Kedalaman laut kita itu 150 meter lebih. Ini cocok buat kapal selam yang akan kita beli dari Rusia,” 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Slamet Soebijanto menilai, kapal selam buatan Rusia tipe Kilo Class dan Amur Class 950 cocok untuk beroperasi di wilayah perairan dalam Indonesia. 

Keduanya dilengkapi senjata seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, dan antipeluru kendali, serta rudal Yakhont. Rudal ini mempunyai daya jelajah 300-400 kilometer dan bisa ditembakkan dari dalam laut ke permukaan.

“Kedalaman laut kita itu 150 meter lebih. Ini cocok buat kapal selam yang akan kita beli dari Rusia,” ujar Slamet di Jakarta, Jumat (6/12).

Menurut Slamet, kapal selam ini kedepan menjadi andalan pertahanan terutama di seluruh wilayah perbatasan. Untuk merealisasikan pembelian ini TNI AL sedang menyiapkan tim untuk mengecek dan menguji coba kapal selam yang ditawarkan Rusia.

“Kapal selam ini sangat efektif untuk pertempuran, terutama yang akan kita beli dari Rusia. Daya hancurnya satu banding 10 dengan kapal yang beroperasi di permukaan laut,” katanya.

Slamet mengaku, pembelian kembali kapal selam dari Rusia membuka memori lama sejarah kekuatan kapal selam Indonesia. Di mana pada era 80-an kekuatan kapal selam di dominasi buatan Rusia. 

“Sekarang kita punya kekuatan kombinasi dengan kekuatan kapal buatan Jerman, Korea Selatan, Prancis dan Rusia,” ungkap Slamet.

Sumber : Skalanews