Kunjungan Diplomatik, Kapal Perang India Singgah di Surabaya

Kapal perang Sahyadri milik Angkatan Laut India, tiba di Pelabuhan Jamrud Utara, Surabaya, Kamis (24/10/2013) tepat pukul 11.30 WIB. Kapal perang dengan panjang 142 meter, dan lebar 15 meter itu membawa 230 pelaut dan 34 officer.

Letkol Didik Dwi Toko PJS Asop Lantamal V Surabaya mengatakan, tujuan Angkatan Laut India datang ke Surabaya adalah untuk mempererat hubungan diplomatik kedua negara, sekaligus untuk memperkenalkan budaya negara masing-masing.

“Angkatan Laut India datang untuk kunjungan diplomatik dan kunjungan militer balasan dimana TNI AL juga pernah melakukan kunjungan ke India. Mereka akan berada di Surabaya hingga empat hari ke depan. Mereka akan bertemu pejabat utama TNI AL, serta mengunjungi monumen kapal selam, dan beberapa tempat angkatan laut Surabaya lainnya,” kata Letkol Didik Dwi Toko kepada wartawan, Kamis (24/10/2013).

Disinggung tentang adanya kerjasama Alutsita, Didik enggan memberikan keterangan secara rinci. “Masalah hal itu kebijakan dari pimpinan, namun memang selama ini memang ada,” ujarnya.

Kapal perang tipe fregat siluman kelas Shivalik ini dilengkapi dengan rudal permukaan ke udara yang canggih dan dapat mengakut dua helikopter jenis Dhrun serta sea king onboard dengan berbagai macam misi. 
Sumber : Suarasurabaya