Lagu Ejekan buat Saudi, “No Woman, No Drive”, Beredar di Internet

Katakepo.blogspot.com – RIYADH,Sebuah video yang mengejek larangan aneh Arab Saudi bagi perempuan untuk tidak boleh mengemudi beredar luas di internet. Video itu menampilkan seorang pria yang menyanyikan lagu “No Woman, No Drive”, sebuah adaptasi dari lagu Bob Marley yang terkenal.

Sudah lebih dari 4,7 juta pengunjung yang melihat video berdurasi 4,15 menit itu pada Selasa (29/10/2013) pagi ini, tiga hari setelah versi adaptasi dari lagu reggae yang melegenda “No Woman, No Cry” itu di-posting di YouTube.

Katakan aku ingat saat kamu biasa duduk di dalam mobil keluarga, tetapi di belakang,” demikian petikan syair lagu yang dinyanyikan Hisyam Fageeh, seorang Saudi yang memperkenalkan dirinya sebagai artis dan aktivis sosial itu. Dalam video itu, ia mengenakan jubah putih tradisional dan tutup kepala kotak-kotak merah.

Video tersebut yang secara sinis memberi tahu perempuan untuk tidak berada di belakang kemudi telah di-posting pada hari yang ditetapkan oleh para aktivis perempuan untuk meluncurkan kampanye baru guna menentang larangan tersebut.
Fageeh melanjutkan dengan mengejek klaim seorang ulama Saudi yang mengatakan bahwa kegiatan mengemudi akan melukai indung telur perempuan dan menyebabkan “gangguan klinis” pada anak-anak mereka. “Ovarium aman dan baik-baik saja, sehingga kamu dapat melahirkan banyak bayi,” demikian syair lagu Fageeh. “Di masa depan yang cerah ini, kamu tidak bisa melupakan masa lalumu, maka singkirkan kunci mobilmu,” lanjut syair lagu Fageeh.

Perempuan yang pada masa lalu menentang larangan tersebut telah mengalami kesulitan dengan pihak berwajib. Padahal, larangan itu tidak ada dalam undang-undang. Tahun 1990, sebanyak 47 perempuan yang duduk di balik kemudi dalam sebuah demonstrasi menentang larangan mengemudi tersebut dihentikan oleh pihak berwenang. Tahun 2011, polisi menangkap sejumlah perempuan yang menentang larangan itu dan memaksa mereka menandatangani sebuah pernyataan untuk tidak mengemudi lagi.

Perempuan Saudi telah dipaksa untuk menutupi tubuh mereka dari kepala sampai kaki dan perlu mendapat izin dari wali laki-laki untuk bepergian, bekerja, dan menikah.

Festival Komedi New York Arab-Amerika Comedy pada bulan ini memperkenalkan Fageeh sebagai seorang up-and-running stand-up comedian yang tampil dalam bahasa Arab dan Inggris.