Latihan Uji Siap Tempur Pleton DenArhanud-001

Pasukan DenArhanud-001 mengikuti latihan Uji Siap Tempur tingkat pleton (UST Ton) dibagi menjadi 2 pleton dan 1 posko induk UST di kawasan Pioner Camp Rancung, sedangkan pleton 2 berlangsung di kawasan Ujong Blang, serta Lapangan Rancung dan Lapangan eks Cunda Plaza Lhokseumawe. 

Kegiatan ini selama 20-23 Oktober 2014 di lima lokasi yang berbeda. Latihan UST pleton 1 dengan menggunakan senjata meriam dan rudal berlangsung di kawasan Pelabuhan PIM Krueng Geukueh, Aceh Utara, Selasa (21/10).
 

Komandan DenArhanud-001, Mayor Arh Arip Budi Cahyono, S.E kepada acehinfo.com mengatakan, kegiatan latihan Uji Siap Tempur tingkat pleton ini merupakan yang pertama kalinya di lakukan, alat utama sistem senjata (alutsista) TD-2000B senjata baru yang dimiliki
oleh TNI AD, khususnya Komando Daerah Iskandar Muda (Kodam IM) yang memiliki sistem 
kerja super canggih, karena semua sistem kerjanya sudah menggunakan sistem komputerisasi. Latihan tempur ini dengan menggunakan empat senjata yang terdiri dari 1 unit Radar SR-74, 2 unit FCDV-1 (alat kendali tembak), 4 unit FCV-1 (alat penembak rudal), 6 unit meriam 57 mm.

Dengan adanya kegiatan UST ini diharapakan seluruh prajurit Detasemen Arhanud-001 dapat lebih siap dalam mengoperasikan alutsista TD-2000B di medan tempur. 

Sumber : Aceh