Makhluk Aneh Ditemukan, Wajahnya Mirip Dudukan Toilet

Katakepo.blogspot.com –Menganalisis fosil, ilmuwan menemukan jenis baru salamander purba yang hidup 220 juta tahun lalu. Spesies Metoposaurus algarvensis itu jauh berbeda dengan salamander yang hidup saat ini.

Steve Brusatte dari University of Edinburgh dan tim menemukan tengkorak dan tulang-belulang jenis itu di sebuah wilayah yang dahulu merupakan danau, tepatnya di Algarve, wilayah selatan Portugal.

Berdasarkan analisis tulang-belulang, Brusatte menyatakan, salamander yang ditemukannya jenis baru. Penemuan dipublikasikan di jurnal of Vertebrate of Paleontology bulan ini.

“Pada dasarnya, itu adalah salamander yang berukuran sebesar mobil,” kata Brusatte seperti dikutip BBC, Selasa (24/3/2015). “Ini adalah salah satu makhluk dari masa lalu yang terlihat seperti alien.”

Brusatte mengatakan, amfibi purba itu adalah moyang dari salamander, katak, dan kadal air yang hidup saat ini. Namun, berbeda dengan amfibi kini yang lucu, M algarvensis tergolong buas. Mereka adalah predator, berada di puncak rantai makanan.

“Makhluk itu punya ratusan gigi tajam dan kepala yang pipih, yang menyerupai dudukan toilet ketika rahangnya menutup,” ungkap Brusatte. Sungai menjadi daerah yang sangat menakutkan pada masa M algarvensis. Ikan-ikan harus siap bila sewaktu-waktu dilahap.

Sejarah M algarvensis berakhir 201 juta tahun lalu. Danau-danau mulai mengering. Namun, kepunahan M algarvensis dan sejumlah spesies lain bukan berarti teror di Bumi telah selesai. Kemunculan dinosaurus membuat Bumi kemudian kaya akan makhluk-makhluk raksasa.