Makna Baju Dinas

Baju Dinas Farmasi Tampak Belakang

Baju Dinas Farmasi Tampak Belakang

“WoooooW KeReeeen”

Ini merupakan kata pertama yang keluar begitu melihat Baju “Dinas” Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARMA) “Avi Cenna” yang sudah dipesan datang kemarin sore. Duh Senangnya…

Ini baju pertama HIMAFARMA yang terbit setelah sebelumnya saat kepengurusan pertama (yang dipimpin Bro Arif) dan kedua (yang dipimpin Saya sendiri 😀 ) tidak membuatnya (padahal sudah direncanakan, berhubung sesuatu dan lain hal, ga jadi bikin).

Selain senang, timbul juga perasaan takut. Lho? Kenapa? Jika mengenakan Baju Dinas ini, seperti menanggung beban berjalan. Iya Beban. Beban yang harus dipertanggungjawabkan bagi siapapun yang berhak memakai dan sedang memakai sebagai Mahasiswa Farmasi dan lebih jauh sebagai calon Apoteker nantinya.

Mengapa demikian? Baju ini memiliki atribut “Berat” seperti Lambang Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), Lambang Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia (ISMAFARSI), Lambang Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) dan Lambang HIMAFARMA itu sendiri.

Lambang UNLAM terletak pada lengan atas sebelah kanan, Lambang ISMAFARSI pada dada sebelah kiri di atas tulisan Nama yang punya Baju Dinas, Lambang JMKI terletak di Lengan kiri atas dan Lambang HIMAFARMA pada bagian pundak sebelah kiri atas.

Selain lambang, juga terdapat tanda bintang pada ujung kerah sebelah kiri yang melambangkan Posisi seseorang di HIMAFARMA. “Kebetulan” punya saya berbintang 2 sebagai tanda Saya merupakan Koordinator Departemen (Departemen yang saya pegang adalah Departemen Kaderisasi). Jika berbintang 1 berarti Anggota salah satu Departemen dari 5 Departemen yang ada (Kaderisasi, Kerohanian, Minat dan Bakat, LITBANG, HUMAS dan Dana). Jika berbintang 3 berarti menjabat sebagai Wakil ketua, Sekretaris atau Bendahara. Kalau Ketua? Ya bintang 4 donk masa bintang kejora? 😀

Didada sebelah kanan terdapat 1buah kantong ber-retsleting (gimana sih tulisannya? 😀 ) yang memiliki tulisan yang menunjukkan berada pada Departemen mana orang yang memakai beserta Jabatannya.

Biar nggak penasaran (siapa juga yang penasaran 😛 ) bisa melihat gambarnya dibawah ini:

Baju HIMAFA

Baju HIMAFA