Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Bersih

Jangan menganggap sepele mencuci tangan; Kebanyakan orang di luaran sana menyepelekannya. Padahal, jika mereka mengetahui manfaat cuci tangan, merka akan terhindar dari kegurian-kerugian yang mungkin di masa mendatang terjadi. Kegiatan ini memang cukup simpel, namun kaya akan manfaat dan sangat berpengaruh akan kesehatan seseorang.

manfaat cuci tangan

Membersihkan tangan dengan air bersih dan sabun adalah bentuk sanitasi agar bakteri dan kuman yang ada di tangan bisa bersih. Tangan adalah salah satu “pintu masuk” bakteri atau kuman penyakit. Dari tangan berlanjut ke mulut dan bagian tubuh lain. Tangan yang tidak bersih juga bisa menjadi penyebab menyebarnya kuman dari orang yang satu, ke orang lain.

Dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, kita sudah berupaya untuk meminimalisir penyakit seperti flu, penyakit kulit, meningitis, diare, gangguan usus dll. Tentu berbahaya jika terkena salah satu penyakit ini, bukan? Maka dari itu, cucilah tangan kita setelah menyelesaikan sesuatu atau ketika memegang sesuatu. Jangan lupa untuk menggunakan sabun agar cuci tangan menjadi lebih efektif.

Ada beberapa kegiatan yang paling utama untuk kita mencuci tangan, seperti:

  • Sebelum serta setelah membuat masakan dan menghidangkannya.
  • Sebelum serta setelah makan
  • Setelah BAB/BAK
  • Setelah mengganti popok
  • Setelah memegang benda
  • Sebelum memegang bayi
  • Setelah bersin, batuk
  • dan lain-lain.

Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun

  1. Membersihkan kotoran dan lemak yang biasa terdapat pada tangan.
  2. Lebih dari 90 persen kuman ada di tangan, dengan menggunakan sabun, maka proses sanitasi akan lebih baik.
  3. Mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit yang berasal dari kuman atau bakteri atau virus pada tangan.
  4. Mencegah serta meminimalisir penularan penyakit dari atau ke orang lain.
  5. Tangan akan menjadi lebih harum dan bersih serta higienis.
  6. Memberikan pelajaran tentang bagaimana cara hidup yang sehat dan kedisiplinan kepada anak.

Mencuci tangan adalah cara yang paling gampang yang dapat kita kerjakan untuk terlindungi dari bakteri/kuman/virus penyebab penyakit. Meski demikian, agar hasil yang diperoleh bisa optimal, cucilah tangan menggunakan sabun.

Kegiatan mencuci tangan ini dilakukan di mana saja; rumah, sekolah, kantor, tempat olahraga, dan tempat lainnya. Prinsipnya, dalam melakukan apapun, lakukan cuci tangan sebelum dan sesudahnya. Dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan, dengan kegiatan “sederhana” ini, diri dan keluarga kita akan sehat. Jika seluruh keluarga memahami hal ini, maka Indonesia sehat akan lebih cepat kita raih.

Manfaat Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Bersih | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply