Manfaat Mengkomsumsi Ikan Tuna bagi Kesehatan

Ikan tuna adalah satu diantara makanan laut yang bisa menyehatkan tubuh. Hal tersebut cukuplah beralasan karena ikan laut ini memiliki kandungan protein serta kandungan mineral tinggi seperti halnya selenium, kalium, dan juga magnesium. Selain itu, ikan tuna juga kaya dengan Vit B kompleks serta ditambah adanya kandungan asam lemak omega-3. Berikut ini manfaat apabila mengkomsumsi ikan tuna bagi kesehatan :

Melindungi kesehatan mata


Tingginya kandungan asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan tuna bisa diandalkan untuk melakukan perlindungan pada degenerasi makula dari mata, yaitu satu keadaan dimana penglihatan mulai memburuk, kemudian pada pada akhirnya bisa menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Diluar itu, keadaan tersebut adalah satu diantara pemicu utama kebutaan pada orang berumur 50 tahun ke atas. Sebagian studi benar-benar merekomendasikan bahwasanya menambah konsumsi asam lemak omega-3 dapat juga kurangi resiko terjadinya sindrom mata kering.

Melindungi kesehatan jantung


Asam lemak omega-3 didalam ikan tuna berperan untuk menjaga kesehatan  darikardiovaskular. Kandungan Omega-3 nya memberi bantuan untuk mencegah terjadinya irama detak jantung yang tak teratur, mengecilkan resiko pembekuan darah, dan menambah kandungan kolesterol baik (HDL) dan juga bisa membantu turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL). Diluar itu, omega-3 dapat juga membantu untuk kurangi peradangan. Karena memfasilitasi variabilitas yang semakin besar pada detak jantung, maka asam lemak omega-3 bisa kurangi resiko terserang aritmia ataupun kematian mendadak.


Tingginya kandungan vitamin B6 serta kandungan asam folat yang terdapat pada ikan tuna bisa turunkan kandungan homosistein, yang merupakan senyawa yang bisa membahayakan dinding arteri ( faktor resiko dari aterosklerosis).


Asam lemak omega-3 tuna juga dapat juga turunkan kandungan trigliserida. Jika kandungan triglieserida tinggi, maka resiko terjadinya penyakit kardiovaskular akan makin meningkat. Asam lemak tak jenuh omega-3 dapat memberi bantuan untuk mencegah serta mengontroltekanan darah tinggi. Selain itu juga bisa kurangi resiko fibrilasi atrial.

Meningkatkan mood


Konsumsi tuna bisa meningkatkan mood dan juga mengusir stres. Asam lemak omega-3 EPA bisa menambah aliran darah dan memengaruhi hormon-hormon serta system imun yang memiliki dampak utama pada manfaat otak.

Meningkatkan detoksifikasi


Selenium yang terdapat dalam ikan tuna adalah elemen utama dalam menghasilkan glutathione peroxidase. Antioksidan ini benar-benar utama untuk kesehatan hati. Seperti di ketahui bahwasanya hati berperan untuk detoksifikasi serta bersihkan badan dari senyawa-senyawa yang beresiko seperti pestisida, obat-obatan, dan juga logam berat. Selenium juga di kenal bisa membantu mencegah kanker serta penyakit jantung.

Mencegah kanker


Banyak studi yang sudah tunjukkan bahwasanya ikan tuna bisa membuat perlindungan badan dari kanker ovarium, pankreas, dan juga tiap-tiap bagian dari saluran pencernaan, mulai dari mulut – faring – kerongkongan – lambung, hingga usus besar. Dengan mengkomsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti tikan una dapat juga membantu melindungi tubuh dari kanker payudara serta turunkan resiko leukemia.

Sekarang, bagi kamu yang suka maka ikan. Ikan tuna bisa dipilih sebagai menu masakan !