Manusia pada dasarnya suka melihat orang lain terluka

Katakepo.blogspot.com – Semua manusia pasti memiliki rasa iri di dalam dirinya, walaupun tingkatan antara manusia satu dan manusia lain berbeda. Berbicara masalah rasa iri, ternyata manusia akan mudah tersenyum ketika seorang yang membuatnya iri terluka.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Princeton University mengungkapkan bahwa manusia ternyata senang apabila melihat atau mendengar seseorang yang membuat mereka iri tertimpa musibah.

Penelitian ini dilakukan karena terinspirasi dari para fans atau suporter olah raga yang menjadi bersuka cita ketika lawan dari tim atau individu yang mereka unggulkan melakukan kesalahan, gagal bahkan harus terjatuh.

Menurut para peneliti, hal tersebut adalah suatu hal yang sangat lumrah dan merupakan respon biologis dari dalam tubuh manusia yang dinamakan schadenfreude.

Dalam uji cobanya, Professor Susan Fiske dari Princeton University dan Mina Cikara dari Carnegie Mellon University menggunakan perangkat elektronik untuk mengukur aktivitas pergerakan otot pipi yang dinamakan electromyogram.

Dalam penelitian tersebut, keduanya memberikan beberapa foto terhadap sukarelawan dan mengukur tingkat otot di pipi mereka yang mengisyaratkan sesuatu.

Seperti contohnya, seperti yang dikutip dari Daily Mail (29/10), para sukarelawan akan menunjukkan rasa kasihan terhadap foto seorang tua, rasa bangga terhadap foto seorang pelajar, rasa jengah terhadap foto para pecandu obat-obatan dan rasa iri terhadap para profesional kaya.

Dan ketika ada pernyataan terbalik dari apa yang ditampilkan di foto tersebut, maka hasil yang ditunjukkan juga berbeda.

“Kita menemukan bahwa manusia lebih mudah tersenyum akan hal yang berbau negatif daripada positif, namun hal itu lebih cenderung mereka perbuat kepada kelompok atau individu yang membuat mereka iri,” jelas Fiske.

Benarkah demikian? Coba Anda analisis diri Anda sendiri. Apakah Anda juga merasa nyaman dan senang ketika seseorang atau kelompok yang membuat Anda iri atau juga marah terkena batunya? Silakan tulis komentar Anda.