Manusia tertua di dunia diklaim berusia 134 tahun

Katakepo.blogspot.com – Pada 1 April kemarin Misao Okawa, wanita Jepang, tercatat sebagai manusia tertua di dunia versi Guinnes World Record. Dia meninggal dalam usia 117 tahun.

Namun pemerintah Uzbekistan mengklaim wanita tertua di dunia sesungguhnya adalah Tuti Yusupova, yang berumur 134 tahun yang menutup usia tiga hari sebelum Okawa.

Mengacu pada data keluarganya, Yuspova lahir pada 1 July 1880 dan berumur delapan tahun lebih tua dibandingkan Menara Eiffel dan 12 tahun lebih tua dibanding sang pemegang rekor dunia Jeanne Calment, yang berumur 122 tahun ketika meninggal di tahun 1997.

Baxadir Yangibaev, kepala Dewan pemerintah Republic Karakalpakstan, tempat di mana Yusupova tinggal, melaporkan, di Uzbekistan ada sekitar 8.700 orang berusia lebih dari seratus tahun di antara 30 juta penduduk.

Yusupova muncul dalam film dokumenter BBC ketika dia berusia 128 tahun.

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa rahasia umur panjang adalah dengan melakukan banyak pekerjaan di ladang dan menjalani kehidupan yang jujur,” ungkap Yusupova seperti dikutip oleh Mirror, Jumat (3/4).

“Setelah melalui begitu banyak perang saya juga memberitahu kepada anak-anak saya untuk mencoba dan menjalani kehidupan mereka di perusahaan dengan baik dan mencintai kedamaian,” tutupnya.