Masuk kuliah jurusan ini, kamu bisa langsung kaya mendadak

Katakepo.blogspot.com – Salah satu bahan pertimbangan memilih kampus dan jurusan adalah seberapa cerah prospek jurusan tersebut bagi masa depan. Tak disangka kampus di Indonesia menyediakan jurusan-jurusan yang lulusan terbilang mahal di mata dunia.

Bahkan ketika mahasiswa baru lulus, perusahaan berskala internasional sudah banyak menawarinya pekerjaan. Yang mengejutkan, gaji untuk para lulusan di jurusan ini menembus angka ratusan ribu dolar Amerika atau setara dengan ratusan juta rupiah.

Dilansir dari situs payscale.com, jurusan ini disebut sebagai jurusan yang membuat lulusannya langsung kaya atau langsung balik modal. Berikut adalah jurusan-jurusan berkelas tersebut.

Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan dalam bahasa inggris dikenal sebagai petroleum engineering. Teknik perminyakan adalah aplikasi lapangan dari fisika, matematika, geologi, kimia, dan berbagai ilmu lainnya untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, hingga mendistribusikan minyak dan gas yang ada di dalam bumi.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Pertama industri minyak dan gas, yaitu mempelajari tahapan pengolahan minyak mulai daru survei sampai produksi. Singkatnya, mereka mempelajari tiga kajian utama, yaitu matematika, kimia dan fisika.

Jika kalian berminat, kalian bisa mencoba tes masuk di universitas Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Universitas Islam Riau, Universitas Proklamasi 45, Sekolah Tinggi Teknologi Migas, Akademi Minyak dan Gas (Akamigas), dan Politeknik AKAMIGAS. Untuk masuk ke kampus dan jurusan tersebut kamu juga harus mempertimbangkan keuangan juga, biaya masuk biasanya mencapai belasan juta sampai puluhan juta. Sementara uang semesternya biasanya sebesar Rp 3 jutaan sampai 7 jutaan.

Berapa gaji awal yang bisa kamu terima selepas lulus nanti? payscale.com mencatat kamu bisa mendapat upah awal sebesar 103 ribu dolar Amerika atau Rp132 juta.

Teknik Nuklir

Teknik nuklir adalah salah satu jurusan yang menawarkan gaji menggiurkan bagi lulusannya. Gaji pertama yang ditawarkan berkisar 67.700 dolar Amerika atau sekitar Rp86 juta lebih. Biasanya mereka bekerja dapat bekerja di dalam dan di luar negeri, seperti Pertamina, PLTN, BATAN, Batantek, perusahaan perminyakan swasta, BPPT, pertambangan, Kementerian Negara terutama pada bagian Kesehatan dan Energi, Cevron, PLN, dan berbagai pekerjaan yang lain.

Saat ini di Indonesia hanya ada satu program studi Teknik Nuklir, yaitu Program Studi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika – Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sendiri memiliki sebuah perguruan tinggi kedinasan yang mencetak Sarjana Sains Terapan bidang nuklir. Namanya adalah STTN – BATAN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir). Kedua lembaga pendidikan tersebut berada di Yogyakarta.

Teknik nuklir adalah penerapan praktis bidang ilmu inti atom yang disarikan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Pelajaran yang diajarkan di Teknik nuklir tak jauh-jauh dari matematika, bahasa Inggris, elektronika, gambar teknik yang rata-rata dikerjakan di ruang pratikum.

Teknik Kimia

Bagi calon mahasiswa yang sudah gemar dengan pelajaran kimia, jangan ragu-ragu masuk ke jurusan kimia. Sebab gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate sudah sebesar 68.200 dolar atau jika dirupiahkan mencapai Rp87 juta dolar lebih.

Hampir semua universitas menyediakan teknik kimia di kampusnya, namun QS World University Rankings by Subject 2013 memasukkan Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Diponegoro sebagai yang terbaik.

Selepas lulus para ahli kimia dapat bekerja menjadi Oil dan Gas (Owner & Services) di Exxon Mobil, BP, ConocoPhillips, Total, Chevron, Vico, Premier Oil, Pertamina, Medco, Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes. Fresh graduate yang bisa menembus perusahaan minyak ini adalah mereka yang terbaik. Selanjutnya mereka juga bisa menempuh karier sebagai FMCG (Fast Moving Consumer Goods) di Nestle, Unilever, P&G, Johnson & Johnson, LOreal, KAO, dan masih banyak juga perusahaan FMCG lokal, seperti Orang Tua (OT), dan lain-lain atau memilih bekerja sebagai EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning) EPCC dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat erat kaitannya dengan bidang studi sarjana Teknik.

Teknik Elektro

Jurusan teknik lainnya yang bisa membuatmu langsung kaya tak lain adalah teknik elektro. Gaji fresh graduate 64.300 dolar Amerika atau Rp82 juta. Belajar teknik elektro maka kamu harus belajar kalkulus dan matriks yang sudah pernah dipelajari di SMA. Ditambah pengenalan dasar tentang komponen komponen elektronis dan pemrograman.

Universitas terbaik untuk jurusan ini ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Gunadarma, Jakarta.

Masuk ke perusahaan migas atau tambang. Biasanya anak elektro ngejar kesini, karena gajinya kalau dihitung dalam juta ada di kisaran dua digit.

Mereka yang lulusan teknik elektro berkerja tak jauh dari urusan pembelian dan perawatan alat alat yang digunakan buat manufaktur. Mereka juga bisa menjadi konsultan atau peneliti.