Mei, Garuda Buka Rute Jayapura-Nabire

Katakepo.blogspot.com – Jayapura, Maskapai nasional Garuda Indonesia akan membuka jalur penerbangan baru antarkabupaten di Papua yaitu rute Jayapura-Nabire mulai 1 Mei 2015.
“Akan ada pembukaan rute penerbangangan Jayapura-Nabire pada 1 Mei,” ucap Sales and Marketing Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura Agung Anugrah yang ditemui di Jayapura, Rabu (26/3/2015).
Penerbangan Jayapura-Nabire, kata Agung, dijadwalkan sekali sehari pergi pulang menggunakan pesawat jenis ATR dengan kapasitas 72 penumpang. Menurut Agung, Nabire memiliki potensi pasar yang cukup tinggi, selain juga permintaan kepada Garuda untuk membuka jalur penerbangan ke kabupaten tersebut terus berdatangan.
Dengan pembukaan rute baru tersebut, ucap Agung, Garuda tidak mendatangkan pesawat baru dan hanya memanfaatkan pesawat yang sudah ada dan selama ini sudah melayani rute penerbangan ke daerah lainnya di Papua dan Papua Barat.
“Sebenarnya tidak ada penambahan pesawat untuk pembukaan rute baru tersebut, hanya memanfaatkan pesawat ATR yang ada. Selama ini pesawat tersebut sudah melayani penerbangan Biak-Manokwari,” ungkapnya.
Dikatakannya, dengan rute penerbangan lokal yang telah dimiliki Garuda seperti Jayapura-Merauke, Biak-Manokwari, Jayapura-Sorong, tingkat keterisian penumpang cukup menggembirakan.
Untuk rute penerbangan dalam Papua-Papua Barat, permintaan sudah bagus, tingkat keterisian kursi mencapai 70 persen per harinya. Bahkan ada yang menyentuh angka 90 persen dan kalau sedang ‘pick season’ sampai 100 persen,” ujarnya.