Melahirkan Sendiri di Dalam Kamar, Seorang Ibu Tewas bersama Bayinya

Katakepo.blogspot.com – Kendal, Purwanti (25) ditemukan meninggal dunia di dalam rumah di Desa Sedayu, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (27/3/2015). Purwanti adalah warga Desa Gebang, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, yang sedang menempati rumah almarhum kakaknya di Sedayu.

Wanita itu ditemukan telah meninggal dalam keadaan melahirkan, dengan posisi bayi belum sepenuhnya keluar dari rahimnya. Diduga, dia tewas karena kehabisan darah saat melahirkan, tanpa diketahui oleh orang lain.

Tetangga yang pertama menemukan jenazah Purwanti, Ahmad Sapari (55), saat itu sedang membersihkan kebun depan rumah yang dihuni oleh Purwanti. Dia curiga dengan rumah yang dihuni Purwanti karena lampu depan rumah masih menyala.

Sapari lalu mendekati rumah itu, dan masuk melalui jendela karena pintu rumah terkunci. Setelah berada di dalam rumah, Sapari dikejutkan dengan bau yang tidak sedap. “Kemudian saya melihat korban sudah tidak bernyawa dalam keadaan melahirkan,” kata Sapari.

Setelah itu, Sapari melaporkan kejadian itu kepada Ahmad Junaidi, Carik Sedayu. Oleh Ahmad, laporan Sapari diteruskan ke aparat di Polsek Gemuh. Demi mengetahui kepastian bahwa Purwanti meninggal, polisi kemudian mendatangkan dokter dari Puskesmas Gemuh 1 Kendal.

“Dari keterangan dokter puskesmas yang memeriksa, korban meninggal karena pendarahan pada saat melahirkan, dan tidak ada tetangga yang mengetahui. Korban yang tinggal sendirian, di rumah saudaranya itu, diperkirakan sudah meninggal 3 hari yang lalu,” kata Kepala Polsek Gemuh AKP I Wayan Suprapta.

Suprapta menambahkan, jasad akan diserahkan kepada keluarga korban di Desa Sedayu, Kecamatan Gemuh, untuk dimakamkan.