Memilih Deterjen Laundry yang Sesuai untuk Mencuci

Jika berada di minimarket atau swalayan, mungkin Anda akan melihat pelbagai macam deterjen laundry di sana dan ada jenisnya pun sangat beragam. Terdengar sederhana, padahal pemilihan deterjen yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi (noda yang seperti apa, mesin cuci yang bagaimana yang digunakan) sangat menentukan hasil cuci yang didapatkan.

Bagi Anda yang ingin pakaiannya memiliki masa pakai yang awet, sebaiknya mulai memilah-milah deterjen seperti yang akan digunakan. Apakah ada yang kualitasnya lebih baik dan sesuai dengan apa yang Anda cuci.

Pilih Deterjen Loundry yang Baik untuk Mesin Cuci Anda

Deterjen khusus untuk Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Loading) dan Bukaan Depan (Front Loading)
Meski sama-sama mesin cuci, ternyata deterjen untuk bukaan atas dengan bukaan depan itu memiliki tipe yang berbeda. Ada deterjen khusus untuk masing-masing mesin cuci tersebut. Jika tertukar, bisa berakibat fatal. Sebut saja jika deterjen khusus bukaan atas yang umumnya memiliki busa lebih banyak bisa mempengaruhi kinerja mesin cuci bukaan depan. Maka dari itu Rinso matic memiliki 2 jenis deterjen khusus masing-masing jenis bukaan atas dan depan.

Perhatikan Bahan Pakaian yang akan Dicuci
Kain berbahan katun, pakaian dalam hingga handuk bisa saja menggunakan deterjen secara umum. Akan tetapi, khusus bahan yang lembut dan halus seperti halnya kain yang terbuat dari renda, wol atau sutra wajib hukumnya menggunakan deterjen spesial. Jika salah, kain akan mengkerut dan rusak atau warnanya pudar. Mencucinya pun sebaiknya dengan menggunakan tangan saja agar lebih lembut. Jadi, pisahkan kain yang berbahan spesial sebelum Anda mencuci dengan mesin cuci.

Membersihkan Noda yang Membandel
Selalu baca petunjuk tiap-tiap deterjen yang ingin digunakan. Jika memiliki noda yang secara spesifik, maka harus sesuai pula deterjen yang digunakan. Cair atau bubuk tidak masalah selama sesuai dengan “spesifikasi” noda yang ada. Jika menggunakan bentuk cair dari deterjen, ikuti langkah berikut ini:

  1. Tuangkan deterjen cair ke lokasi noda. Tidak perlu banyak lalu diamkan beberapa saat.
  2. Oles-oleslah deterjen cair pada noda dengan lembut.
  3. Silakan dimasukkan mesin cuci (deterjen sudah bisa memakai deterjen khusus mesin cuci).
  4. Oh iya, deterjen bentuk cair ini hanya oke digunakan pada mesin cuci top loading (bukaan atas). Bisa saja menggunakan bubuk deterjen, namun larutkan dalam air terlebih dahulu 😉

Maka dari itu, jika nanti berbelanja deterjen laundry, lihatlah keterangan masing-masing jenis. Agar tidak keliru. Pemilihan yang tepat akan membuat pakaian awet serta mesin cuci juga akan terjaga kesehatannya.

Memilih Deterjen Laundry yang Sesuai untuk Mencuci | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply