Memilih Warna dan Bahan Gorden Minimalis yang Tepat

Gorden adalah sebuah lapisan terdalam yang dimiliki sebuah ruangan untuk menutupi jendela ataupun teralis yang ada di depannya. Oleh karena itu selain sebagai pelindung dari udara luar yang kotor ketika jendela dibuka, sebuah gorden juga memiliki fungsi sebagai penghias serta pemanis dekorasi interior sebuah ruangan. Melihat fungsinya sebagai penghias dekorasi ruangan, para penggiat usaha desain interior pun kini mulai meluncurkan berbagai jenis dan desain gorden dalam ruangan. Salah satu desain yang kini banyak diburu oleh para pemilik rumah adalah desain gorden minimalis, mengingat saat ini desain rumah minimalis sedang banyak digemari dan menjadi trend ditengah masyarakat.

contoh gorden minimalis

Dalam mengaplikasikan model sebuah gorden, Kita sebagai pemilik rumah tidaklah bisa sembarangan dalam menempatkannya pada suatu ruangan. Pemilihan warna yang sesuai dengan warna dinding dan tema dari rumah haruslah tetap diperhatikan. Hal ini dimaksudkan agar gorden dapat terlihat serasi dan cocok dengan ruangan, sehingga kesan indah dan harmonis lebih terasa.

Seperti yang telah Kita ketahui, bahwa penggunaan gorden yang paling utama diperlukan keberadaannya adalah gorden pada sebuah ruang tamu. Selain fungsi utamanya sebagai pelindung udara, gorden pada ruang tamu juga ikut memberikan andil besar pada keindahan interior ruang tamu. Berikut ini beberapa tips pemilihan warna gorden minimalis, yang mungkin dapat Anda aplikasikan pada ruang tamu yang Anda miliki dirumah, sehingga terlihat lebih anggun dan indah. Tips tersebut, antara lain:

  1. Untuk ruang tamu dengan warna gelap seperti abu, coklat, hijau tua ataupun warna gelap lainnya, Anda dapat memilih gorden dengan warna yang lebih terang seperti hijau muda, coklat muda, cream ataupun putih.
  2. Untuk ruang tamu dengan warna yang terang seperti biru muda, cream atau pun putih maka Anda dapat memilih warna gorden yang lebih cerah.
  3. Hindarilah memilih Gorden dengan warna putih, karena biasanya warna ini lebih cepat kotor dan tidak bertahan lama dalam pemakaiannya.

Untuk bahan pembuatan gorden sendiri, terdapat beberapa bahan yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera ataupun tema dari ruang tamu yang Anda miliki. Adapun bahan yang biasa digunakan sebagai bahan gorden, antara lain adalah:

  • Kain Satin, bahan ini memiliki warna mengkilap dengan struktur susunan benang yang menarik, sehingga dapat memunculkan kesan mewah dan elegant ketika diaplikasikan.
  • Bahan lace ataupun renda, bahan ini memiliki struktur dengan nilai seni yang tinggi, bahan jenis ini banyak digunakan di dalam rumah dengan gaya klasik Eropa untuk memberikan kesan yang lebih mewah.
  • Bahan Beludru, bahan ini memiliki tekstur yang sangat lembut pada permukaannya dengan susunan yang rapat, sehingga sangat cocok digunakan bagi Anda yang tidak menginginkan pandangan dari luar masuk kedalam ruang tamu Anda.
  • Kain Sutra, bahan yang sudah terkenal dengan keindahan dan kehalusannya ini memanglah sangat cocok digunakan sebagai bahan gorden sebuah rumah, namun tidak semua orang mampu membeli jenis kain ini, karena memang harganya yang luar biasa mahal.

Memilih sebuah gorden minimalis, memang harus disesuaikan dengan tema ruangan. Pastikan terlebih dahulu Anda memiliki ukuran dari jendela yang akan Anda jadikan media pemasangan gorden dengan pasti. Jika Anda tidak dapat mengukur ataupun memastikan ukuran jendela rumah Anda, ada baiknya Anda meminta bantuan dari jasa pemasangan gorden yang ada disekitar Anda, sehingga nantinya tidak akan terjadi kesalahan dalam pemasangan.

Memilih Warna dan Bahan Gorden Minimalis yang Tepat | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply