Mencegah Malnutrisi dengan Melakukan 6 Cara Merawat Bayi

Apakah anda tahu bagaimana cara merawat bayi agar tidak mengalami yang namanya malnutrisi? Malnutrisi berhubungan dengan pemberian gizi dan asupan ASI. Lalu bagaimana cara untuk mencegah yang namanya malnutrisi tersebut dan kapan menghentikan pemberian ASI pada bayi ibu.

cara merawat anak bayi

  1. Alangkah baiknya ketika dalam keadaan hamil, ibu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori dan protein. Karena protein bisa membantu ibu dalam memproduksi ASI, dan tentunya produksi kualitas ASI yang baik sangat dibutuhkan oleh bayi.
  2. Setelah bayi lahir segeralah beri dia ASI sebagai sumber makanan pokoknya hingga 4 bulan. ASI Berguna untuk membentuk antibodi pada bayi yang akan melindunginya dari infeksi. ASI mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan bayi baik dari sebagai pertumbuhan mau pun perkembangannya.
  3. Ketika usia anak sudah mencapai 4 hingga 5 bulan, pemberian ASI saja tidak cukup. Di usianya seperti itu, dia sudah bisa menerima makanan yang lainnya seperti buah-buahan dan sayuran yang dilumatkan. Hal ini dilakukan agar anak terbiasa dengan rasa yang baru.
  4. di usianya yang beranjak 8 bulan anda bisa memberinya sereal dan sayuran daripada memberinya daging dan produk susu. Buah-buahan dan sayuran yang tadinya dilumatkan, kini bisa divariasikan dengan memotongnya menjadi bagian kecil yang penting mudah dicerna. Jangan menggunakan bahan apapun di makanannya seperti gula atau garam, karena yang seperti itu tidak dianjurkan.
  5. Pemberian ASI bisa dihentikan di usianya yang mencapai 9 bulan, tapi ASI bisa dijadikan sebagai makanan tambahan. Di usia yang seperti itu, kini dia bisa memakan makanan seperti buah, sayur dan daging yang dipotong halus.
  6. Dalam masa perkembangannya di usia 3 tahun, seorang anak harus banyak diberi makanan yang mengandung kalori. Perhatikan pula anda berikan, jangan menjejalkan makanan jika dia merasa sudah kenyang dan jangan menahannya makan jika dia masih lapar.

Ke-6 langkah cara merawat bayi seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa menghidarkan yang namanya malnutrisi pada sang buah hati. Meski cukup merepotkan mengurus anak anda, tapi anda harus berbangga diri karena semua asupan yang anda berikan padanya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik.

Mencegah Malnutrisi dengan Melakukan 6 Cara Merawat Bayi | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply