Mencontek?

Ehm.. Ni postingan bakalan kaya Pisau Bermata Dua. Tanya Kenapa? Disatu sisi membantu, disatu sisi lagi bisa-bisa saya kena marah.. Yang penting niatnya kan? :D Postingan ini mungkin berguna buat Dosen/Guru yang kebetulan baca sehingga dapat mengantisipasi. Namun, juga berguna buat Mahasiswa/Siswa yang kebetulan Dosen/gurunya nggak baca Tips Hebat ini :evil:

So, kesepakatan dulu nih, resiko ditanggung penumpang ya? [kaya tukang kelotok (sejenis perahu dalam bahasa Banjar) aja]

Mencontek

Kata yang satu ini pasti udah gak asing banget di telinga kalian semua, terutama para pelajar atawa Mahasiswa. Ya. siapa sih yang gak pernah nyontek? Saat ini mencontek sudah dianggap sebagai salah satu alternatif yang paling jitu banget jika kita gak bisa menjawab soal, terutama pada saat ulangan atau ujian (hanya “sebagian” orang yang berpendapat seperti ini, yang jujur juga banyak koq :D ). Tapi, penuh resiko!!! Gimana aja sih, cara kiat-kiat sukses mengantisipasi mencontek, dan apa aja resikonya? Nah! Beruntung banget kamu Dosen/Guru atau -Anda para Pahlawan tanpa tanda jasa- yang baca artikel ini, karena ini bakalan berguna banget buat kalian, khususnya pada saat musim ulangan atau midtest atau juga final test.

Sebelum kita mempelajari segala macam trik-trik jitu mencontek, gak ada salahnya kalo kita mengenal definisi dan pengertian mencontek. Mencontek adalah suatu usaha yang kebanyakan dilakukan oleh para pelajar SD, SMP, SMA, maupun mahasiswa untuk melihat buku catatan, buku panduan, ataupun menyalin pekerjaan teman secara sembunyi-sembunyi guna mendapatkan jawaban dari mata pelajaran yang diujikan. Seperti halnya kegiatan yang lain, mencontek adalah salah satu kegiatan yang penuh resiko. Jadi, mencontek harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi, agar tidak ketahuan sama guru atau Dosen.

Gimana seh, cara mencontek yang baik dan benar??? Mencontek adalah salah satu kegiatan untuk mendapatkan jawaban. Bisa dilakukan dengan mencontek buku, maupun dengan mencontek pekerjaan teman. Untuk menjadi pecontek yang handal, kalian harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Untuk mendapatkan jawaban, cara yang umum sekali digunakan di kalangan siswa adalah (PERHATIAN, untuk kalangan teknisi pengajar, monggo dirumuskan sendiri cara mengantisipasi cara-cara dibawah ini):

Berikut beberapa caranya:

  1. Rangkum dulu semua materi pokok dalam kertas kecil, lalu beli pulpen biasa yang warnanya item, nach kertas tadi masukin kedalam pulpen tersebut. Dijamin tuch contekan pasti lolos masuk ke ruangan. Tinggal usaha dech, cari sela untuk buka contekannya.
  2. Trik Berikutnya cuma bisa diterapkan untuk yang berkerudung saja, [maaf bukannya mendiskreditkan yang berkerudung]. Modalnya lumayan mahal, (harus punya MP3 player). Rekam semua pelajaranmu di MP3 player. Pake apa ?? Ya pake suara kamu sendiri. trus Taruh MP3 Player kamu di saku depan ‘en jangan lupa pasang earphonenya di telinga kamu. Trik ini biasanya berhasil kalo pengawasnya Laki-laki. Gak mungkinkan Pak pengawas nyuruh murid itu ngelepas kerudungnya.
  3. Siapin Kertas contekan di kertas HVS (tulisannya jangan terlalu kecil). Kalo cara bawa masuk keruangannya pikir sendiri ya… Nach waktu di dalem ruangan keluarin tuch contekan, taruh dibawah lembar soal. Cara nyonteknya : Abis Baca soal trus lanjutin baca contekan. Usahakan wajar waktu membaca contekannya jadi pengawas gak curiga kalo kamu lagi nyontek. Dia kira kamu lagi baca soal.
  4. [Khusus Cewek] Ada cara bawa masuk kertas contekan yang jitu nich. Di bagian bawah Rok kamu kan ada lipatan jahitan. berkorban sedikitlah, jahitan lipatan itu di bongkar dikit (dedel :jawa. Nach selipin tuch kertas contekan di bagian lipatan bawah rok mu. tapi cara ngambilnya dan nyonteknya cari sendiri ya…
  5. [Yang ini pake usaha dikit] Saat ujian nantikan semua peserta membawa alas papan (lupa nich namanya). Belah dulu papan itu jadi dua, lalu rekatkan lagi bagian pinggir-pinggirnya saja. nach bagian tengah yang gak di rekatkan itu bisa untuk nyelipin contekan masuk kedalem ruangan.
  6. Siapkan 1 Kotak Pensil (bagus lagi kalo bekas tinta printer yang mereknya data print). Disarankan yang transparan non kecurigaan, buatlah CK tadi dengan diketik di ms.word, arial, font size 7, sesuaikan dengan ukuran kotak pensilmu, setelah selesai diketik, print aja kalo bener2 udah sesuai ama CK, gunting sesuai dengan ukuran kotak pensil, tempelkan dengan double tape di bagian dalam kotak pensil tadi agar memudahkan kita melihat C, sebelumnya dijepret dulu bagian bawah CK tadi, agar kelihatan rapi dan seperti buku mini yg mudah dibawa kemana–mana maka jadilah sebuah kerpe’an universal yang dapat dinikmati oleh semua golongan.
  7. Jangan sampe ketauan! Kalo mau masa depan loe sukses, hati-hatilah dalam menyontek. Menurut riset para ahli *Bukan Saya lho!!!* kalo loe menemui kesulitan, misalnya dapet tempat duduk di depan, loe harus tetep tenang man… Kalo perlu, bawa kertas sendiri aja dari luar, jadi kalo loe rada parno buat nyontek, tinggal oper kertas aja ke partner loe. Kalo pengawasnya mulai ngeliatin loe, liatin balik aja :D Hewhewhew!!
  8. Kalo niat loe ngerpe, bukan nyontek, mesti ati-ati pas bawa kerpe’an loe. Kalo kebetulan tempat duduk loe deket jendela en jendelanya kagak dikunci, masukin aja duluan kerpe’annya, biar kagak ketauan en ngurangin resiko bahaya bagi jiwa dan ragamu..Jangan sampe loe diserang panu kadas kurap kutu air karna ngerpe’..
  9. Kalo loe punya jiwa setia kawan + berani bin nekat + sohib sejati di ruang berbeda dari loe, kalo mo ngasi contekan ke temen loe itu, taro di kamar mandi aja!! BUKAN sebagai bentuk kesetiakawanan Sosial Nasional…:mrgreen:

10. Bedoalahhh… karena kesuksesan gw selama ini, juga karena doa,, hahahahakkkk!!! Terbukti banget tuh, gw belom pernah ditegor sekalipun ama pengawas sekiller apapoen waktu strategi berjalan… Dari TK juga kita dah diajarin bwat bedoa kan, tiap mau ngapa-ngapain??

11. Catat hal-hal yang penting di selembar tisu. Lipat lagi menurut garis lipatannya. Bahan contekan udah siap digunakan. Nah! Cara ini adalah cara yang paling aman untuk mencontek. Soalnya, cara menconteknya gak mencolok, cuma dengan cara berpura-pura mengelap keringat kamu dengan tisu, kamu bisa melirik jawaban yang udah dicatet di tissue tersebut. Easy banget kan? (terinspirasi dari iklan detergen)

12. Salah satu kegiatan yang paling umum dan yang paling mudah dilakukan dalam mencontek adalah memasukkan buku di kolong meja, dan menariknya apabila telah ada kesempatan untuk mencontek. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah: sebelum ulangan dimulai, buka buku di bagian bab yang diujikan. Masukkan buku ke dalam kolong tanpa menutup halaman. Pada saat ulangan, lihat situasi dulu. Jika guru udah jauh dari meja kamu duduk, kamu boleh menarik buku kamu keluar, dan bebas mencontek. Jika guru mendekat, masukkan bukumu ke kolong meja dengan cepat. Tapi jangan tergesa-gesa. Bisa jadi buku kamu jatuh, dan guru akan semakin curiga dengan kamu. Jadi be careful!!!

13. Datang ke kelas lebih awal, tuliskan contekan dikursi kuliah. (kalau tertangkap, bilang saja tulisan itu sudah ada sejak dulu)

Kesimpulannya (Modus Operandinya):

  1. sms ama Bluetooth+MP3 Player (Using Technology)
  2. kertas di lempar
  3. skandal selipan kertas di dalam sudut penghapus dan di dalam rautan putar
  4. slipan kertas bahkan buku di dalem rok(buat cewek ama waria)
  5. nulis di paha
  6. nyimpen catetan di tempat pensil
  7. sandi tangan, sandi angka, sandi anggota tubuh
  8. nyimpen buku di kolong bangku
  9. nyimpen catetan di saku, di dictionary(Kamus), di dompet

10. cara menyimpan koran atau majalah di meja pengawas

11. cara garuk-garuk

12. cara gelisah

13. cara ehem…ehem…

14. janjian di kamar mandi

15. tukeran soal

16. pura-pura papan tulis nggak di hapus padahal ada rumus-rumus

17. cara jeduk-jeduk bangku

18. cara calling pengawas dengan private number, biar si pengawas sibuk+geer

19. ngumpan satu orang buat ngalihin pertanyaan

Wach apa lagi ya caranya ???. Sekali lagi Saya gak bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan karena tulisan ini. Digunakan hanya sebagai perhatian bagi Dosen/Guru (Muridnya sekalian). Yah…mungkin hanya kiat-kiat itu yang bisa diberikan. Sebenernya banyak banget cara yang bisa digunakan untuk mencontek, asal kamu kreatif tapi tentunya juga selalu ada cara untuk mengatasinya (bukankah semua hal didunia ini diciptakan berpasangan? :D ). Ayo Bu Guru n Pak Guru, awasi dengan benar Anak didiknya and buat Siswa/Mahasiswa yang kebetulan baca, Selamat mencontek yah! Mudah-mudahan gak ketahuan guru! Hihihihi………. PEACE

Special thanks to All My Friend selama Saya Skul n Kuliah yang sudah menjadi “inspirasi”.

*gunakan artikel ini dengan bijaksana*

Mencontek? | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better