Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Tepat

Mengatur keuangan keluarga merupakan salah satu tugas atau tanggung jawab yang pada umumnya harus dikerjakan oleh seorang istri. Di mana istri harus mampu mengelola serta memenej keuangan baik pendapatan maupun pengeluaran tiap bualnnya. Bukanlah pekerjaan yang berat memang, namun memerlukan ketelitian serta keterampilan yang cukup. Karena beruhubungan dengan uang adalah salah satu hal yang cukup sensitif terutama dalam sebuah keluarga. Seringkali didapati pertengkaran ataupun percekcokan antara suami istri yang dilatarbelakangi masalah keuangan. Oleh karena itu, antara suami dan istri diperlukan adanya keterbukaan serta kesepakatan dalam mengatur keuangan. Apalagi bagi anda yang kini baru memulai hidup berumah tangga, masih banyak hal yang harus dibicarakan dan dilakukan bersama demi menjamin kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang bersama anak dan cucu anda.

Tips Mengatasi Masalah Keuangan Keluarga

Dalam kehidupan berumah tangga tentulah banyak hal yang anda harapkan, baik itu memiliki keturunan dan lebih jauhnya adalah kehidupan yang semakin hari semakin berjalan dengan baik. Jika hari di mana anda dipercaya memiliki keturunan telah tiba, maka kemudian anda akan dihadapkan dengan masalah kehidupan rumah tangga yang lebih kompleks. Anda harus memiliki keuangan yang cukup dalam menjamin kehidupan buah hati anda. Mulai dari kebutuhannya sehari-hari, kebutuhan dalam memenuhi biaya pendidikan, kesehatan dan biaya lainnya yang kesemuanya harus anda atur sebaik mungkin demi memenuhi kebutuhan lainnya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang semoga dapat membantu anda dalam konsultasi perencanaan keuangan keluarga, diantaranya:

Yang pertama, cadangkan 2,5-10 persen untuk bersadaqah atau berinfak ataupun berwakap dari keseluruhan hasil pendapatan anda tiap bulannya. Dengan begitu diharapkan hasil pendapatan keluarga lebih berkah dan lebih bermanfaat.

Kedua, minimalkan untuk memiliki cicilan seluruh hutang. Misalnya anda memiliki cicilan sepeda motor, kemudian cicilan rumah dan lain sebagainya usahakan untuk tidak melebihi 35% dari pendapatan anda.

Ketiga, kebutuhan anda sehari-hari usahakan untuk cukup antara 40 hingga 60% dari pendapatan perbulan. Di sini anda dapat mengesampingkan hal-hal yang sekiranya kurang diperlukan.

Keempat, anda dapat menyimpan atau menyisihkan sisa uang sekitar 10% dari sisa ketiga hal di atas.

Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Tepat | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply