Mengenal Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai karena resiko yang ditimbulkan sangatlah tinggi. Diabetes dapat terjadi dan dialami oleh seseorang apabila kadar gula darah berada di atas normal dan menimbulkan berbagai macam gejala kesehatan. Namun sangat disayangkan, gejala-gejala tersebut seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, penyakit diabetes bukanlah masalah kesehatan yang bisa disepelekan. Perlu penanganan khusus yang dilakukan supaya resiko kesehatan yang lebih buruk dapat diantisipasi dengan segera dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

mengenal si manis diabetes melitus

Harus diketahui bahwa tingginya kadar gula darah yang dialami oleh penderita diabetes disebabkan oleh adanya faktor resistensi insulin atau bisa juga terjadi karena kapasitas insulin dalam tubuh kurang memadai. Insulin itu sendiri bertugas untuk mengendalikan kadar gula darah dan membantu proses perubahan gula menjadi energi sehingga resistensi dan kurangnya jumlah insulin dalam tubuh membuat kadar gula darah tak terkendali. Keadaan tersebut akan semakin memburuk jika tahap penanganan tidak dilakukan sedini mungkin.

Secara umum, ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita diabetes atau penyakit kencing manis yang patut diwaspadai. Beberapa gejala tersebut antara lain:

  • Tubuh lebih mudah lelah dan kurang berstamina.
  • Energy dalam tubuh mudah hilang ketika beraktivitas.
  • Sering merasa lapar, harus dan mudah mengantuk tanpa sebab yang jelas.
  • Kapasitas buang air kecil lebih meningkat.
  • Muncul luka di kulit yang sulit disembuhkan.

Jika tidak ditangani, gejala diabetes tersebut bisa menimbulkan dampak kesehatan yang lebih berbahaya misalnya penyakit ginjal, jantung, impotensi dan berbagai masalah kesehatan yang datang secara bersamaan. Supaya gejala yang ditimbulkan tidak semakin buruk dan beresiko mengakibatkan komplikasi diabetes, maka lakukanlah penanganan yang tepat, periksakan kadar gula darah dan konsultasi bersama dokter mulai sekarang. Jangan lupa jalani hidup sehat dan konsumsi obat yang dapat meningkatkan fungsi insulin sehingga kadar gula darah senantiasa terkendali di angka normal sehingga diabetes melitus dapat diantisipasi dengan baik sebelum mengakibatkan dampak kesehatan yang jauh lebih fatal.

Mengenal Gejala Penyakit Diabetes Melitus | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply