Mengenali Bronkitis Pada Anak

Mengenali gejala bronkitis pada anak menjadi pengetahuan yang perlu dimiliki oleh orang tua. Bronkitis sendiri merupakan suatu kondisi infeksi saluran pernapasan yang pada beberapa kasus dipicu oleh virus. Pada kondisi anak-anak, mereka sangat rawan untuk terserang bronkitis karena pernafasan mereka masih dalam tahap perkembangan. Meski kebanyakan kasus bronkitis akan sembuh dengan total, namun tetap saja, perawatan dan pencegahan perlu kita lakukan untuk menghindari penyakit ini. Dan yang paling penting, kita perlu segera mengetahuinya sedini mungkin, agar dapat segera dilakukan pengobatan.

Gejala Bronkitis

Kita mungkin kebingungan untuk menentukan kondisi penyakit yang menyerang buah hati kita. Hal tersebut karena gejala bronkitis mirip dengan gejala batuk biasa yang kadang menjangkiti buah hati kita. Bronkitis pada umumnya ditandai dengan batuk yang berlendir. Jika anak kita batuk tapi tidak mengeluarkan lendir juga perlu kita cek kembali karena anak-anak biasanya menelan kembali lendir, sehingga menyamarkan dugaan bronkitis dari kita. Jadi pastikan bahwa anak kita mengalami batuk berlendir atau tidak, jika tidak, maka bisa jadi hanya batuk kering biasa.

Gejala bronkitis pada anak

lainnya ditandai dengan sakit dada. Ini sangat mungkin karena batuk yang cukup parah sehingga berimbas pada dadanya yang sakit. Sesak nafas juga mungkin kita temukan pada anak yang terserang bronkitis. Sesak nafas terjadi karena adanya penyumbatan lendir pada saluran pernafasan. Suara asing ketika anak sedang bernafas juga bisa jadi pertanda bahwa ia terserang bronkitis. Demam, sakit tenggorokan hingga pilek pada beberapa kasus juga ditemukan sebagai tanda bronkitis.