Menjajal BBM untuk iPhone

Sebagian pengguna iPhone mungkin telah menggunakan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM). Pada Sabtu (21/9/2013) malam, BBM sempat muncul di Apple App Store, meskipun pada esok paginya BlackBerry menarik kembali BBM untuk iPhone.

Hal ini membuat sebagian pengguna lain tidak dapat memasang aplikasi BBM di iPhone mereka.KompasTekno sudah berhasil memasang dan kini dapat menggunakan aplikasi BBM di iPhone.

Begitu selesai mengunduh file instalasi sebesar lebih kurang 30 MB, pengguna diharuskan memasukkan akun BlackBerry ID.

Anda bisa memasukkan BlackBerry ID lama dalam aplikasi BBM untuk iPhone. Jika Anda memilih hal ini, maka semua kontak BBM yang Anda miliki secara otomatis akan ditransfer ke aplikasi BBM untuk iPhone.

Namun, jika tak memiliki BlackBerry ID, Anda dimungkinkan membuat akun baru langsung dari aplikasi BBM untuk iPhone.

Setelah berhasil masuk, Anda akan mendapatkan personal identification number (PIN) dan barcodeyang baru sebagai alat pendeteksi keaslian.

Setelah mendarat di tampilan utama BBM, Anda akan melihat sekumpulan tombol di bagian bawah layar. Di sana terdapat tombol Menu, Chats, Contacts, Groups, dan Settings. Jika Anda menekan tombol Menu di kiri bawah, di sana terdapat beberapa pilihan dasar, termasuk Updates dan Invites.

Mengundang

Cara mengundang teman untuk masuk dalam kontak BBM bisa melalui empat cara, yaitu dengan memindai barcode, memasukkan PIN, atau melalui e-mail dan SMS. Cara yang paling populer dilakukan adalah lewat barcode dan PIN teman Anda.

Setelah mengundang, Anda harus menunggu beberapa saat. Dari pengalaman KompasTeknomenggunakan BBM di iPhone, beberapa teman dapat masuk secara cepat dalam daftar kontak. Namun, ada pula kontak yang baru masuk dalam waktu beberapa jam.

Masuklah ke pilihan Contacts jika Anda ingin melihat daftar kontak BBM. Pilih salah satu dari mereka jika ingin memulai percakapan.

Percakapan

Pada tahap ini, Anda sudah bisa melakukan percakapan dengan pengguna BBM lain. Aplikasi ini memiliki fitur dasar. Anda dapat mengirim pesan teks, melampirkan foto dan voice note, sampai mengirim PING. Di tengah percakapan, Anda juga dapat mengirimkan sejumlah emoticon. Pilihan untuk melakukan broadcast message juga tersedia.

KompasTekno merasa beberapa pesan yang dikirim atau diterima pada BBM di iPhone mengalami keterlambatan. BlackBerry tampaknya harus memperbaiki aplikasi ini agar pengguna menerima pesan secara real-time.

Pengguna juga dimungkinkan mengganti status dan foto profil pribadi. Riwayat pergantian status atau foto profil teman-teman Anda dapat dilihat pada pilihan Updates.

Membuat grup diskusi

Tekan tombol Groups jika Anda hendak membuat grup diskusi. Cara mengundang kontak dalam grup ini bisa dilakukan dengan memindai barcode ataupun mengetik PIN. Si pembuat grup akan bertindak sebagai administrator. Dia dapat mengatur agar anggota tidak diizinkan mengundang pengguna lain untuk masuk ke grup.

Mengatur BBM

Pusat pengaturan aplikasi BBM dapat Anda telusuri dengan menekan tombol berlogo tiga bulatan di bagian kanan bawah layar, lalu pilih Settings. Di sana Anda dapat mengatur segalanya, termasuk mengubah password BlackBerry ID, menghapus riwayat percakapan, memblokir sebuah kontak BBM, dan sebagainya.

Bagi Anda yang sudah lama tak menggunakan BBM, mungkin keberadaan aplikasi lintas platform ini akan membawa Anda bernostalgia ke era 2000-an, ketika BlackBerry dan BBM berjaya dan berhasil mengubah gaya hidup manusia dalam menerima pesan singkat secara real-time dari ponsel.



Sumber : kompas

Menjajal BBM untuk iPhone | 71mm0 | 4.5