Meraih Kesempatan Karir Impian

BLoGkiTa – Persaingan tenaga kerja akan semakin ketat menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau Pasar Bebas ASEAN tahun 2015. Indonesia dan negara-negara di wilayah Asia Tenggara akan membentuk sebuah kawasan yang terintegrasi yang dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagaimana kesempatan karir kamu di era MEA ini?

Saat ini Indonesia mengalami limpahan warga di rentang usia produktif atau 15-64 tahun. Ada lebih daru 50% warga Indonesia di rentang usia ini. Hal ini tentunya menimbulkan persaingan yang cukup ketat di dunia kerja bahkan tanpa perlu adanya MEA sekalipun.

Meraih Kesempatan Karir Impian

Tapi, bukan millennial namanya kalau putus asa. Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap mendapatkan kesempatan karir di tempat yang kamu inginkan! Ini 3 di antaranya:

Ikut program magang

Tidak ada yang lebih penting di dunia kerja selain pengalaman. Dengan mengikuti program magang di berbagai perusahaan, kamu akan memiliki banyak pengalaman terjun langsung ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain mengalami dunia kerja yang sesungguhnya, mengikuti program magang juga bisa meluaskan jaringan pertemanan serta memberikanmu alternatif bidang kerja.

Mendatangi job fair

Tak hanya para pekerja yang mencari lowongan, tapi banyak juga perusahaan yang ‘jemput bola’ ke kampus-kampus atau beragam job fair untuk mencari bakat baru bagi industri yang digeluti. Kalau kamu hanya duduk manis menunggu panggilan kerja, ya akan kalah saing dengan ratusan juta orang yang ada di rentang usia produktif lainnya, kan?

Maka aktiflah! Datangi berbagai job fair yang diadakan di kotamu. Kesempatan karir cemerlang tak datang dua kali, lho!

Tampil di media sosial

Saat ini media social tak hanya sebagai bersosialisasi, lho. Tapi juga bisa sebagai etalase diri dan karyamu. Menurut salah satu survei, 40% staf HRD melakukan pengecekan media sosial pelamar. Jadi bisa saja nih, walaupun CV-mu bagus dan cemerlang tapi media sosialmu penuh dengan caci maki atau bahkan berita hoax, tapi perusahaan akan mempertimbangkan berulangkali untuk merekrutmu sebagai karyawan.

Jika kamu berjiwa kreatif atau pengusaha, bukan tak mungkin juga menjadikan media sosialmu sebagai etalase hasil karya. Siapa tahu justru kesempatan karir kamu adalah sebagai wirausaha bukan bekerja di perusahaan. Tak ada yang tak mungkin, kan?

Bagaimana, sudah siap bersaing mendapatkan kesempatan karir impian?