Miliaran orang keranjingan akses Facebook di 2014

Katakepo.blogspot.com – Di tahun ini, dominasi Facebook dalam hal penguasaan jejaring sosial sepertinya masih sulit untuk dikalahkan. Pasalnya, beberapa pesaingnya diprediksi belum mampu menghapus ketergantungan orang terhadap Facebook.
Menurut data dari We Are Social Singapura (8/1), jumlah pengguna aktif Facebook tahun ini akan mencapai 1,184 miliar orang. Hal ini berarti tingkat ketergantungan orang terhadap Facebook masih tinggi di tahun ini.
Sementara itu, pesaing terdekat Facebook adalah Qzone, jejaring sosial khusus yang beredar di China. Meski beredar secara lokal di negeri tirai bambu tersebut, jumlah pengguna aktifnya tahun ini diprediksi sebanyak 816 juta.
Angka ini mengejutkan melihat bagaimana jejaring sosial lainnya seperti Google+ dan Twitter yang memiliki jangkauan lebih global dibanding Qzone ternyata masih kalah dalam hal jumlah pengguna aktif. Tercatat, Google+ hanya mendapatkan pengguna aktif sekitar 300 juta dan Twitter sekitar 232 juta.
Dari sumber yang sama, data menunjukkan bahwa penggunaan internet di dunia makin besar saja jumlahnya. Di tahun 2014 sendiri diperkirakan 15 persen warga Indonesia akan lebih banyak terhubung dengan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Angka ini sendiri masih di bawah Singapura yang mencapai 73 persen dan Thailand yang mencapai 26 persen.
Namun begitu, meski angkanya masih kalah, warga Indonesia yang jumlahnya hanya 15 persen itu sendiri bisa dibilang sangat keranjingan internet. Mereka menghabiskan waktunya di internet dengan rata-rata 5,5 jam tiap harinya lewat desktop dan 2,5 jam per harinya lewat mobile.