Misteri Seri Nokia

Misteri? Hehe.. Bisa iya bisa tidak.. silakan baca terus 😛

Ada yang nggak kenal Nokia? Masa? Coba Diinget-inget… Udah? Ya! Nokia dapat disebut Ponsel Sejuta Umat. Dimana aja kamu berada, kapan sedang melakukan apapun PASTI ketemu ama Ponsel Bermerk Nokia ini. Ga Percaya? Silakan buktikan! 😀

Kenapa Saya membahas Nokia?

Hal ini berawal ketika pertama kali dibeliin Hape bermerk Nokia 3310, kemudian diganti Nokia 8250, ganti lagi Nokia N-Gage, ganti lagi Nokia 6510, eh ganti lagi Nokia 6600. Eit belum berhenti sampai disitu diganti lagi dengan Nokia 9300 (Ni Ponsel paling lama bertahan ditangan 😀 , habisnya fiturnya nggak ada duanya, kalaupun ini harus diganti, paling tidak Nokia E90 😛 )

Nah, Nokia merupakan Brand ternama untuk gadget handphone di Indonesia. Kamu pun mungkin memiliki handphone bermerek Nokia. Betul? Tapi, tahukah Kamu bagaimana HaPe-HaPe tersebut diberi nama? Tahukah Kamu kenapa ponsel Kamu bernama Nokia E90? kenapa type ponsel Kamu diawali angka 5 dan type ponsel teman Kamu diawali dengan angka 6?

Simak Baik-Baik ya? 😀 (terkecuali seri Nokia xxxx yang memiliki layar MonoChrom)

1. 1000 “Ultrabasic” (Low-End). Semua hp nokia yang diawali dengan angka 1 atau dalam orde 1000 dst. Type ini adalah type nokia yang paling murah yang semula di luncurkan untuk menguasai pasar. Seri ini sudah dapat digunakan untuk telepon dan sms dengan cukup baik. Ponsel Nokia seri ini kurang mendapat sentuhan teknologi High-End.

2. 2000 “Basic”. Ponsel atau Handphone Nokia seri 2000 atau yang diawali dengan angka 2 adalah type hp nokia yang juga masih dalam kategori murah. Bedanya dengan seri 1000, ponsel seri ini sudah tersentuh teknologi High-End seperti bluetooth dan kamera.

3. 3000 “Expression”. Seri 3000 adalah seri murah yang ditampilkan secara kreatif oleh Nokia. Dengan layar warna dan kemampuan mengambil gambar, memainkan musik dan sudah mempunyai konektifitas dengan Komputer (PC).

4. 4000. Untuk alasan tertentu, tidak ada Handphone Nokia yang diawali dengan angka 4. Kenapa? Jangan-jangan ini Ponsel Khusus Pejabat yang nggak dijual Umum dan memiliki fitur menyedot uang rakyat? 👿 😀 atau kalian ada yang punya? 😛

5. 5000 “Active”. Seri 5000 atau handphone Nokia yang diawali dengan angka 5 adalah ponsel yang ditujukan untuk mereka yang aktif (jadi ingat Nokia 5100 yang berlapis karet and tahan percikan air, tapi kalau sipengguna terlalu aktiv, n HaPe masuk Kolam mah bukan percikan air namanya, tapi kelelep 😀 ). Produk dibawah bendera seri ini biasanya didesain untuk menemani Kamu yang sedang jogging atau untuk menaungi seri handphone nokia yang “musik abisss”

6. 6000 “Classic Business”. Seri ini sudah mulai menyentuh daerah Bisnis. Walaupun masih basic, seri hp ini sudah dilengkapi dengan sentuhan teknologi high-end. Seri 6000 seperti mulai kehilangan ke-niche-an karena banyaknya hp nokia dengan kepala 6 yang diluncurkan.

7. 7000 “Experimental”. Kata yang paling tepat untuk menggambarkan seri ini adalah “kelinci percobaan” jadi, jangan heran kalau hp nokia dengan huruf depan 7 memiliki banyak kejanggalan disana-sini 😀

8. 8000 “Premium”. Seri 8000 ini sudah premium, bukan pertamax, apalagi solar. Maksudnya, Ponsel ini termasuk kelas yang mulai tidak murah lagi gitu 😀

9. 9000 “Communicator”. Seri ini booming sekitar tahun 2005. Waktu itu seri komunikator merupakan seri yang keren dan menjadi lambang kekayaan. Seri 9000 adalah cikal-bakal munculnya E-series (dibawah). Seri ini menggunakan OS GEOS (Nokia 9000) dan Symbian S80 (Nokia 9300, 9500, 9300i). Nokia 9110, 9210 dan 9210i kalau tidak salah sudah Symbian namun lebih sering disebut EPOC.

10. E-Series. Huruf E menyatakan kata Enterprise. Berorientasi bisnis, dengan desain yang minimalis, fitur yang lengkap, dan sangat responsif :D.

11. N-Series – Pada N series ini, nokia berusaha memasukkan semua hal ke dalam gadget berupa handphone. Handphone Dengan nama awal N adalah HP impian yang pada zaman dahulu cuma ada di film fiksi ilmiah. Pada seri ini daya tahan Baterei juga sangat baik untuk seukuran fitur yang dijalankan. (sumber : shirogadget.com)