Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Jika mendengar kalimat itu, sebagian besar masyarakat tentu akan terbayang Mobil Toyota Kijang; yang sejak dahulu terkenal fungsionalitasnya sebagai mobil keluarga yang ideal. Akan tetapi, tahukah Anda jika asal-muasal Toyota Kijang Innova yang kita kenal sekarang berawal dari Mobil Kijang PickUp?

Tidak ada salahnya jika kita bersama kembali melintasi dimensi waktu untuk melihat sejarah Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia ini.

Sejarah Singkat Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

kijang generasi 1

Kijang Generasi 1 – Arsip www.toyota.co.id

Nah, seperti yang telah disebutkan di atas, Mobil Kijang yang pertama -diperkenalkan pada Juni 1977- (bisa disebut Kijang Generasi 1) dalam bentuk PickUp yang sederhana. Mengapa dikatakan sederhana? Hal ini terlihat dari penggunaan plastik dan terpal pada jendelanya, serta engsel pintu yang terpampang dari luar. Meski begitu, mesin telah berkapasitas 1.200 cc dengan 4 percepatan. Jika Anda pernah mendengar istilah “Kijang Buaya”, mobil inilah yang pertama mendapatkan julukan tersebut. Peluncuran debut perdana mobil Kijang ini terbukti mampu memikat hati masyarakat Indonesia dengan tercapainya tingkat penjualan hingga menyentuh angka 26.806 unit (periode 1977-1980).

kijang generasi 2

Kijang Generasi 2 – Arsip www.toyota.co.id

Untuk Mobil Kijang Generasi 2, tidak banyak mengalami perubahan dari sisi tampilan. Hal-hal yang membedakan dengan generasi terdahulunya adalah letak engsel pintu yang tidak lagi berada di luar dan kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 1.300 cc (1981); penambahan kunci di pintu pengemudi (1982); penyempurnaan transmisi serta tulisan TOYOTA pada bagian depan (1983); dan peningkatan kapasitas menjadi 1.500 cc (1985).

Peningkatan kapasitas silinder pada mobil Kijang tidak membuatnya lebih boros. Malahan membuat mobil Kijang generasi terbaru ini menjadi lebih irit 5% dari generasi sebelumnya. Sukseskah inovasi dari pihak PT. Toyota Astra Motor ini? Tentu! Dalam kurun waktu 5 tahun, total angkat penjualannya mencapai 101.668 unit (1981-1985).

Hm.. Jadi Mobil Toyota Kijang hanya membuat Mobil Pickup? Tidak. Dalam rentang waktu tahun 1986 hingga 1996, Kijang mulai merambah mobil keluarga. Rentang waktu ini sering disebut Kijang Generasi 3.

Inovasi Kijang sebagai Mobil Keluarga Ideal Indonesia

kijang generasi 3; Generasi Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

kijang generasi 3 – Arsip www.toyota.co.id

Kijang Generasi 3 terbagi dalam dua periode besar, yakni Mobil Kijang Super (1986-1992) dan Mobil Kijang Grand (1992-1996). Perubahan paling mencolok dan yang paling terlihat adalah perubahan bentuk bodi mobil. Mobil Kijang generasi 3 telah memiliki konsep dan bentuk Mobil Keluarga Ideal Indonesia. Sebut saja penambahan AC Double Blower -untuk tipe Grand Extra- agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat mengendarai Mobil Kijang bersama keluarga. Mobil Generasi 3 ini memang pantas disebut Mobil Keluarga Ideal. Hal ini ditandai dengan angka penjualan sebanyak 492.123 unit!

Generasi 3 ini masih sering dijumpai di jalan-jalan Indonesia. Di beberapa daerah, mobil generasi ketiga ini lebih akrab di telinga dengan sebutan ”Kijang Kotak”.

kijang generasi 4 - Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

kijang generasi 4 – Arsip www.toyota.co.id

Jreeeng! Bulan Januari 1997 merupakan bulan di mana inovasi besar dalam mobil Kijang terjadi. Anda tentu sering mendengar sebutan Kijang Kapsul? Yak! Inilah Mobil Kijang Generasi 4. Bentuknya yang halus dan lebih aerodinamis membuatnya mendapat julukan tersebut. Tidak hanya bentuk bodi, inovasi juga dilakukan terhadap performa mesin. Hal ini ditandai dengan peningkatan tenaga menjadi 80 ps.

Pada generasi 4 ini pula diluncurkan mobil Kijang dengan mesin diesel (Februari, 2000) dan teknologi EFI – Electronic Fuel Injection (September, 2000). Pada generasi ini pula dikenal istilah New Kijang yang memiliki perubahan di desain lampu dan sabuk pengaman (seatbelt) pada jok tengah untuk penumpang.

Krista dan Rangga merupakan varian penutup untuk Mobil Kijang generasi 4, sebagai Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia; dan tentu saja, masih sering kita lihat 🙂

Konsep Mobil Keluarga Ideal dan Terbaik Indonesia di Kijang Innova

Mobil Keluarga Ideal Terbaik

Kijang Innova – Arsip www.wikipedia.com

Akhir tahun 2004, Toyota Astra Motor merilis mobil Kijang Innova dengan konsep mobil keluarga tipe MPV alias Multi Purposes Vehicle. Tidak main-main, pada mobil Kijang Generasi 5 ini, selain bentuk bodi yang lebih aerodinamis, fungsi kenyamanan, kestabilan, kecepatan dan keamanan juga di tingkatkan.

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Innova

Kijang Innova 2008 – sekarang – Arsip www.id.wikipedia.com

Perubahan-perubahan mobil Kijang Generasi 5 dari generasi sebelumnya:

1. Posisi pengendara lebih nyaman dan akurat

2. Posisi shift knob yang tepat dan terjangkau

3. Dashboard/Panel Instrument yang lebih baik dan mudah digunakan (user friendly)

4. Pedal Gas tanpa Kabel atau Throttle Control System Intelligent atau ETCS (Electronics Throtle Control System)

5. Power Steering dengan Engine Speed Sensing yang akan mempermudah pengendalian mobil dalam kecepatan tinggi sekalipun

6. Terdapat ECU (Engine Control Unit) yang berperan dalam pengukuran konsumsi bahan bakar dengan udara untuk berbagai proses mesin dengan bantuan sensor suhu, gas, rem dan lain-lain. Dengan ECU, pembakaran menjadi lebih efisien

7. Anti Maling atau Theft Different System

8. Sensor Ultrasonic yang bisa digunakan untuk mempermudah parkir. Sensor akan memberi peringatan terhadap benda di belakang yang berjarak kurang lebih 150cm

9. Selengkapnya tentang perubahan dan penambahan pada mobil Kijang Innova

Oh iya, Mobil Kijang Innova ini juga diekspor ke luar negeri lho, seperti Malaysia, Brunei dan Thailand. Itu sudah lebih dari sekedar bukti kalau Mobil Toyota Kijang Innova merupakan Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Jangan lupa untuk membaca Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia 😉