Monitor Keamanan Lebanon, Prajurit TNI Adakan Patroli

SATGAS TNI Kontingen Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) melakukan patroli dalam rangka Misi Perdamaian PBB di Lebanon, dengan menggunakan dua Kendaraan Tempur Anoa 6×6 buatan PT. Pindad di wilayah Naqoura, Lebanon Selatan. 

Patroli ADP (Area Domination Patrol) dipimpin Komandan Satgas TNI Kolonel Inf Adipati Karnawijaya didampingi Komandan Satgas Force Protection Company (FPC) Kontingen Garuda (Konga) XXVI-F2/UNIFIL Mayor Inf Aulia Dwi Nasrullah. 

Patroli ADP adalah salah satu kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh prajurit TNI Kontingen Garuda dengan tujuan untuk memonitor situasi keamanan, dalam sehari patroli dilaksanakan minimal 1-2 kali, menggunakan kendaraan tempur jenis Anoa, dengan kekuatan 10 personel TNI. 

Titik start pelaksanaan patroli dimulai dari Sudirman Camp Markas Konga XXVI-F2, Naqoura menuju CP (check point)-1 di IVO (In the Vicinity Of) Naqoura Port-Lebanon seperti tertulis dalam rilis yang kami muat (5/1/2014). 

 Setibanya di CP-1, Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Adipati Karnawijaya dan Komandan Satgas Konga XXVI-F2/UNIFIL mendapat penjelasan dari Dantim 2 Satgas FPC Kapten PSK Novieary Jacky Wohel tentang area CP-1 yang merupakan titik kuat pengamanan saat melaksanakan pengamanan Tripartite Meeting. 

Setelah melaksanakan observasi selama 15 menit, patroli dilanjutkan menuju CP-2 dengan melewati rute pengawalan Tripartite Meeting dan tiba di CP-2, Pos LAF (Lebanese Armed Force). Pos ini adalah pos terakhir dari Lebanon yang terdekat dengan lokasi UN (United Nation) Post 1-32A yang merupakan tempat pertemuan Tripartite Meeting. 

Pelaksanaan patroli berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya rombongan kembali menuju Sudirman Camp Markas Konga XXVI-F2 di Naqoura, Lebanon Selatan. Menurut Kolonel Inf Adipati Karnawijaya yang bertanggung jawab terhadap keamanan all Naqoura Camp beserta seluruh assetnya. 

Usai pelaksanaan patroli ia mengatakan, agar selalu memperhatikan faktor keamanan baik personel dan materiil serta tidak lupa selalu berdoa kepada Tuhan pada setiap pelaksanan tugas.

Sumber :Pelita