Nelson Mandela Bapak Demokrasi Dunia di Logo Google

https://i1.wp.com/www.google.co.id/logos/2014/mandela/cover.png?ssl=1

Google Hari Ini tanggal 18 Juli 2014 memperingati hari kelahiran ke-96 Nelson Mandela Bapak Demokrasi dari Afrika Selatan. Sepanjang hidupnya, Nelson Mandela terkenal dengan gerakan revolusi anti apartheid di Afrika Selatan. Ia disebut-sebut sebagai karakter gabungan dari dua tokoh dunia, George Washington dan Abraham Lincoln.

Dilahirkan pada 18 Juli 1918, Nelson Mandela merupakan anggota kerajaan Thembu dan bersuku Xhosa. Nama depannya adalah Rolihlahla, yang berarti ‘pembuat masalah’. Bubuhan kata ‘Nelson’ terjadi seiring dengan kebiasaan saat itu. Setiap anak yang bersekolah diberi nama Inggris, dan guru Mandela memberikan nama ‘Nelson’ tersebut kepadanya tanpa diketahui mengapa demikian.

https://i0.wp.com/i.dailymail.co.uk/i/pix/2014/03/03/article-0-1B3741D300000578-951_634x500.jpg?resize=320%2C252

Sejak kecil, Nelson Mandela sudah melihat berbagai kesewenang-wenangan yang menimpa negerinya. Semangat pemberontakannya bangkit. Ia memerangi ketidakadilan dengan bekerja sebagai pengacara dan aktivis politik. Namun, kariernya penuh dengan jalan terjal.

Keberanian Mandela untuk melawan pemerintahan yang kala itu mengandalkan politik apartheid, membuatnya harus berkali-kali menjalani persidangan. Pada tahun 1962, Mandela harus ditahan dengan hukuman penjara seumur hidup. Nantinya, ia melewati 27 tahun masa kurungan yang menjadikannya simbol perlawanan utama terhadap pemisahan ras yang menimpa rakyat Afrika Selatan.

Bebas dari penjara berkat desakan kampanye internasional, Nelson Mandela kemudian mencapai cita-cita kala berhasil mendesak pemerintah Afrika Selatan melakukan pemilu multiras pada tahun 1994. Ia kemudian terpilih sebagai presiden negaranya dalam kurun waktu 10 Mei 1994 hingga 14 Juni 1999.

Ketika meninggal pada 5 Desember 2013 dalam usia 95 tahun, dunia berduka cita mendalam untuk Mandela. Berbagai tokoh penting menyatakan bahwa sosok Nelson Mandela tidak akan tergantikan. Wajah Mandela yang tersenyum kala kita membuka google hari ini, disertai karangan bunga yang melingkarinya menandakan seberapa hebat sosoknya sebagai simbol demokrasi, kesetaraan, dan keadilan dunia.

Sumber : Sidomi