Never Give Up Dude, All Come From Zero

Never Give Up Dude, All Come From Zero. Sebuah slogan yang mungkin sudah sering kita dengar. Namun, apakah kita sudah menyadari dan memahami arti serta makna Never Give Up Dude, All Come From Zero?

Secara sederhana, slogan di atas dapat diartikan menjadi “Jangan Menyerah Kawan, Semuanya Berawal dari Ketiadaan”. “Semua” di sini maksudnya hal-hal positif (kesuksesan, kesejahteraan dll) yang diperoleh baik oleh diri kita maupun orang lain. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang memperoleh sesuatu yang mereka inginkan dengan cara sekejap atau langsung ada.

Makna Never Give Up Dude, All Come From Zero

Jika Anda memiliki impian, dan saat ini belum tercapai, jangan menyerah. Teruslah berusaha dan berdoa serta menyerahkan segala sesuatunya kepada Yang Maha Kuasa.

Percayalah, perjalanan yang panjang seperti apapun juga dimulai dari satu langkah

Mari kita ambil contoh kasus. Tidak perlu jauh-jauh, cukup diri Saya sendiri ;). Perjalanan hidup Saya di dunia maya menjadi seorang blogger dimulai pada tahun 2008 di mana tidak ada satupun teman yang ngeblog saat itu. Mau bertanya kemana? Niat awalpun hanya sekedar ingin berbagi bahan kuliah kefarmasian (yang saat itu sangat sulit didapat). Saat itu, Saya benar-benar tidak tahu bahwa blogger bisa menghasilkan uang. Karena Saya aktif di forum-forum webmaster, mulailah Saya mengenal istilah Money Online. Dulu yang sempat booming adalah Adsense.

Mulailah Saya menulis dengan bahasa Inggris yang pas-pasan. Setelah 10 artikel lebih, Saya beranikan diri mendaftarkan ke pihak Adsense. Alhamdulillah, tidak sampai 1 hari, Saya diterima menjadi publisher. Lantas apa Saya bisa menghasilkan uang dari Adsense?

Satu bulan pertama, setiap hari harus bolak-balik warnet (maklum, daerah Saya internet merupakan barang langka pada waktu itu) sekedar mengupdate blog dengan bahan kuliah baru dan terus-menerus mencek pendapatan dari Adsense. Masuk ke bulan ke-2, mulai sudah malasnya. Terlebih melihat pendapatan Adsense Saya yang tidak kunjung menyentuh angka $100. Jangankan $100, dalam kurun waktu 3 bulan saja masih berada di bawah $50. Lantas, apa Saya menyerah? Never Give Up Dude, All Come From Zero.

Istilah itulah yang selalu menguatkan Saya. Dengan terus menerus belajar dan melakukan optimasi, akhirnya cek pertama Saya sebesar $114,59 dari Adsense Saya terima dengan selamat di rumah. Betapa bergetarnya hati Saya melihat cek dari google tersebut. “Ini Gaji Pertamaku dari Internet!”

Well, yang namanya hidup, tentu tidak selalu “bahagia”. Sesuatu menimpa Saya. Akun Adsense Saya kena BANNED oleh google karena fraud click atau klik iklan yang curang. Seingat Saya, Saya tidak pernah mengklik iklan sendiri. Masih lugu sekali. Beredar isu tidak sedap bahwa ada “sekumpulan” orang yang bertugas mengklik jumlah iklan kita secara membabi-buta. Entahlah. Saya sudah merelakan. Patah semangat? Pasti! Tapi tidak membuat Saya putus asa. Saya selalu ingat istilah Never Give Up Dude, All Come From Zero.

Saya memulai lagi dengan bergabung di berbagai situs Paid Reviews. Beberapa menerima dan beberapa menolak. Job yang Saya peroleh? 1 bulan mungkin hanya 1 atau 2 tulisan. Bahkan tidak ada sama sekali. Inipun tidak membuat Saya jera. Karena niat awal Saya berbagi, dapat uang atau tidak, no  problemo. Beruntung blog ini mendapat hadiah PageRank 3 dari google. Hal tersebut berimbas kepada MELONJAKNYA permintaan Advertiser yang ingin produk atau jasanya di review.

Saat itu, penghasilan perbulan Saya yang HANYA dari menulis review hampir sama dengan gaji 1 bulan PNS bergolongan 2C. Sebuah pendapatan yang luar biasa bagi Saya yang mahasiswa waktu itu. Sebagian Saya tabung buat modal nikah, sebagian lagi Saya investasikan (beli domain, sewa hosting, bermain forex dll).

Ini hanya cerita singkat bagi kawan-kawan para blogger yang ingin berusaha mendapatkan penghasilan di dunia maya. Jangan pernah menyerah. Allah selalu memberikan jalan bagi hambaNya yang berusaha dengan sungguh-sungguh. Never Give Up Dude, All Come From Zero !!!

————————————————————–
Tulisan di atas didukung oleh Kesehatan dan Berita