Olahraga mampu ‘melindungi’ indra penciuman

Katakepo.blogspot.com – Olahraga bukan cuma menyehatkan tubuh, tetapi juga menurunkan risiko kehilangan penciuman pada lansia, demikian menurut penelitian terbaru.
Di dalam penelitian yang melibatkan 1.600 responden berusia 53-97 tahun tersebut, para ahli memantau kondisi lansia selama 10 tahun. Mereka melakukan tes terhadap indra penciuman dengan meminta responden membaui aroma cokelat dan kopi serta aktivitas fisik yang dilakukan.
Hasilnya, sebanyak 28 persen dari responden mengalami penurunan ketajaman penciuman. Hal itu ternyata dipengaruhi oleh olahraga yang dilakukan.
“Lansia yang olahraga seminggu sekali mampu menurunkan risiko penurunan ketajaman indra penciuman,” papar peneliti, seperti yang dilansir dari Live Science.
Penciuman termasuk indra penting yang sebaiknya tetap dijaga. Sebab indra ini membantu manusia dalam mendeteksi senyawa beracun dan menikmati makanan.
Tidak jelas kenapa olahraga bisa melindungi indra penciuman para lansia. Namun peneliti menduga kalau aktivitas fisik menyehatkan tubuh sekaligus fungsi otak yang merupakan kontrol pusat dari segala organ dan indra penting.
Hasil penelitian lantas dilaporkan dalam JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery.