OMSP: TNI AL SIAP ANGKUT PEMUDIK LEBARAN 2014

Dalam rangka mendukung persiapan angkut mudik lebaran, TNI Angkatan Laut menyiapkan angkutan pemudik lebaran 2014 menuju Semarang. 
Program rutin yang digelar tahunan ini, merupakan program pemerintah melalui kerjasama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan TNI Angkatan Laut. 

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor agar dapat mudik lebaran dengan lebih aman dan nyaman. 
Selain itu, juga diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dalam rangka mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan arus balik hari raya Idul Fitri tahun 2014, khususnya dari akses kota Jakarta menuju Jawa Tengah, TNI Angkatan Laut akan mengerahkan KRI Makassar-590 sebagai salah satu KRI di bawah jajaran Komando RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang di BKO kan ke Komando Lintas Laut  Militer (Kolinlamil) Jakarta,  dalam mendukung mudik secara gratis.

KRI Makassar-590-590 merupakan Kapal perang milik TNI Angkatan Laut jenis Landing Platform Dock (LPD yang mempunyai panjang 122 meter, lebar 22 meter tinggi keseluruhan 35 m akan mengangkut para pemudik dan pengendara sepeda motor. 
Selama pelayaran dari Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebanyak satu trip untuk pemberangkatan dan satu trip untuk kepulangan.

Pemberangkatan mudik gratis dengan KRI Makassar-590 dijadwalkan Jumat 25 juli 2014 atau (H-2) pukul 10.00 WIB diberangkatkan dari Terminal Nusantara Pura 2 menuju pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. 
Usai menurunkan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. KRI Makassar-590 akan stand by di Semarang, guna mengangkut arus balik pemudik pada tanggal 3 Agustus 2014 atau (H+4) pukul 10.00 WIB, dari PelabuhanTanjung Emas, Semarang, dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pelayaran menuju ke Semarang akan ditempuh selama sekitar 20 jam. Namun waktu tersebut tidak pasti karena tergantung cuaca. Selama dalam pelayaran Kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Setiyo Wibowo ini akan memberikan  makan gratis, kesehatan gratis, dan hiburan gratis. 
Selain itu, Pihak KRI juga akan menyediakan dukungan dan fasilitas untuk berbuka puasa, makan sahur, dan sholat tarawih bersama.
 Sumber : TNIAL