Opal, batu permata paling berharga di dunia?

Katakepo.blogspot.com – Batu permata menjadi salah satu aksesori kebanggaan para wanita karena ini dianggap dapat memancarkan aura kecantikan dan kemewahan.

Selain berlian, ada beberapa jenis permata yang tidak hanya berharga tetapi juga punya bentuk yang cantik. Salah satunya adalah opal. Ini adalah salah satu batu permata yang paling indah dan berharga di dunia. Mengapa?

Opal dapat memantulkan semua spektrum warna dan bahkan bisa melampaui berlian. Batu permata berharga ini memiliki warna putih, abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, merah muda, cokelat, dan hitam.

Dari semua warna yang dimiliki opal, merah dan hitam adalah yang paling langka, sedangkan putih dan hijau adalah yang paling umum. Beberapa spesimen langka dapat menghasilkan pancaran warna yang berkilauan ketika dinyalakan dalam terang.

opal
Photo by amusingplanet

Opal jenis terbaru, seperti dilansir amusingplanet, baru-baru ini ditemukan di distrik Welo, Ethiopia. Permata ini ditemukan di dataran yang berada pada ketinggian 2.500-3.200 meter di atas permukaan laut.

Menariknya, bagian dalam dari batu permata ini terlihat seperti sebuah miniatur dari suasana bawah di air. Saking berharganya, harga opal per karat dapat menyaingi harga berlian, rubi dan zamrud paling mahal sekalipun.