Orang Indonesia belum mampu atur keuangan untuk wisata

Katakepo.blogspot.com – Perusahaan teknologi pembayaran global, Visa meluncurkan aplikasi mobile smartphone untuk membantu konsumen di Indonesia merencanakan sekaligus memantau anggaran perjalanan wisata.
Aplikasi ini diluncurkan Visa dan didesain khusus untuk pasar Indonesia. President Direktur PT Visa Worlwide Indonesia, Ellyana Fuad menjelaskan, aplikasi ini akan memperbaiki tingkat melek keuangan dalam mengatur keuangan masyarakat.
“Aplikasi ini membantu mereka mengontrol pengeluaran selama berwisata dengan budget health agar pengeluaran tetap terkontrol,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima merdeka.com di Jakarta, Selasa (22/10).
Peluncuran ini menyikapi Visa Global Travel Intentsius Study 2013 di mana banyak orang Indonesia yang belum memperhatikan kebutuhan anggaran saat bepergian.
Survei tahun 2013 menunjukkan, konsumen Indonesia menduduki peringkat ke 27 dari 28 negara dalam hal melek keuangan. Hanya satu tingkat di atas Pakistan. Survei ini juga menemukan, kurang lebih 1 dari 3 responden di Indonesia tidak memiliki anggaran pribadi untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran mereka.
Selain sebagai alat menghitung anggaran, aplikasi anggaran wisata visa ini juga memberikan berbagai tips dalam menghemat pengeluaran, seperti informasi perbandingan transportasi, berbagai saran dalam memilih akomodasi dan rencana makan yang ramah kantong dan dapat digunakan tanpa terkoneksi internet.