Padang Pasir yang Kebanjiran


Taman Nasional Lençóis Maranhenses terletak di negara bagian Maranhão, di timur laut Brasil, adalah salah satu tempat yang paling mengagumkan dan unik di dunia. Suatu daerah seluas sekitar 1000 kilometer persegi pasir halus putih mensekat sekat ribuan oasis atau laguna berwarna hijau..

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Sepintas lalu, Lençóis Maranhenses terlihat seperti gurun pada umumnya. Namun sebenarnya bukanlah benar-benar gurun sama seperti Tottori Sand Dunes, di jepang, yang juga bukan. Berlokasi tepat di luar lembah Amazon, wilayah ini tunduk pada musim hujan yang datang teratur selama awal tahun. Air hujan terakumulasi di lembah-lembah di antara bukit pasir dan membentuk laguna biru dan hijau yang akan penuh antara bulan Juli dan September. Meskipun selama musim kemarau laguna laguna ini mengering dan lenyap, namun secara mengejutkan laguna laguna ini menjadi rumah dari berbagai jenis ikan setiap musim hujan dan air memenuhinya. Dikarenakan telur telur ikan yang dibawa burung burung terjatuh di daerah ini dan itulah yang membuat laguna laguna kadang berisi ikan.Mangrove pantai gurun, buritis – semacam pohon palem yang anggun – dan Sungai Preguiças membantu menyusun keragaman hayati didaerah ini, meskipun daerah ini memiliki air, namun jarang terdapat tumbuhan.

Lençóis Maranhenses telah dibentuk selama ribuan tahun, pasir dari dasar sungai tersimpan di mulut sungai dan dibawa kembali ke daratan oleh angin dan arus laut.

Kemajuan bukit sejauh 31 mil ke arah daratan dengan peregangan sepanjang 27 mil dari garis pantai, sebagian besar adalah pantai gurun. Beberapa laguna di Taman Nasional Lençóis Maranhenses sangat besar. Lagoa Azul dan Lagoa Bonita berada dekat dengan kota Barreirinhas. Lagoa tropis, juga layak dikunjungi, yaitu yang berada didekat desa Atins. Lagoa da Gaivota (Seagull Lagoon), salah satu laguna terbesar dan paling indah, dekat Santo Amaro do Maranhão, sebuah desa yang terletak sekitar 60 mil dari Barreirinhas.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini kira-kira antara bulan Mei sampai September, ketika saat itu matahari cerah dan laguna masih tetap penuh.