Pangdam XII/Tanjungpura Peresmian dan Pengembangan Yonzipur-6/Satya Digdaya

Kubu Raya, Sebagai implementasi perencanaan strategis dalam pembangunan kemampuan, khususnya kemampuan Pertahanan Matra Darat dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan kontijensi yang dapat terjadi diwilayah Perbatasan, TNI Angkatan Darat 

membentuk Batalyon Zipur yang semula Detasemen Zeni Tempur-6/SD tumbuh dan berkembang menjadi Batalyon Zeni Tempur-6/SD yang bermarkas di Anjongan Kalbar.
 

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto Rinanto secara langsung meresmikan Yonzipur-6/SD tersebut, disaksikan oleh Kasdam XII/Tpr, para Asisten, Kabalak, para Dansat, Waka Polda Kalbar, Danlanal, Staf Lanud, Kejati, Ka Satpol PP Serta para unsur Muspida. 
Peresmian ini juga ditandai penyerahan Pataka dan penandatanganan Surat Peresmian dan Pengembangan Kesatuan kepada Komandan Batalyon Zeni Tempur-6/SD Mayor Czi Alfius berlangsung dilapangan Makodam, Rabu (13/01).
Dalam sambutan Pangdam XII/Tpr mengatakan, pembangunan Batalyon Zeni tempur ini terutama Kodam XII/Tpr secara optimal, Satuan Yonzipur-6/SD ini akan dikembangkan sesuai kondisi geografis, dengan daerah yang akan menjadi tugas pokoknya, sehingga secara bertahap tentunya sarana dan prasarana ini akan dilengkapi sesuai dengan kebutuhan Satuan Yonzipur-6/SD.
 
Perlu diketahui bahwa Yonzipur-6/SD ini merupakan Satuan Bantuan Tempur yang langsung dibawah Pangdam XII/Tpr, yang mana nantinya akan dilengkapi alat utama sistem kesenjataan sesuai dengan bidangnya dan lebih lengkap dari sebelumnya. Turut diundang Ketua Persit KCK PD XII/Tpr, Wakil Ketua Persit beserta para pengurus Persit.

Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Mayor Arm Muskardi A.Md
Sumber : Kodam